Metabolisme Tubuh Dalam Prespektif Islam

Oleh : Sa’ida Umi Mukarromah.

Apa metabolisme itu? Ya, secara ilmiah, metabolisme adalah proses kimia dan biologis yang terjadi pada organ tubuh dengan mengubah makanan dan minuman menjadi sebuah energi. Apa yang terjadi jika tidak adanya metabolisme dalam tubuh? ya, pastinya akan terjangkit penyakit. contoh umumnya saja diabetes, memang faktor utama diabetes adalah adanya riwayat keluarga yang terkena namun faktor keduanya itu karena kelebihan berat badan.

Jadi metabolisme dalam tubuh sangatlah penting.
Dan menurut sudut pandang islam, metabolisme sangatlah penting. Jika seseorang belum bisa menjaga pola makan dan pola minumnya, pasti akan terjangkit sebuah penyakit. contoh umumnya untuk menjaga metabolisme tubuh dengan melakukan puasa dan sholat. Sudah jelas setiap hari umat Islam melakukan sholat berarti umat Islam telah menjaga metabolisme tubuh termasuk juga dengan puasa. Apa manfaat yang terkandung di dalam puasa dan gerakan gerakan dalam shalat?
1. Puasa, manfaat yang terkandung didalamnya :

A. Mengurangi penumpukan karbohidrat
B. Meningkatkan rasa syukur
C. Mengurangi rasa strees
D. Meningkatkan kesehatan tubuh
E. Mengendalikan hawa nafsu.
2. Gerakan sholat, manfaat yang terkandung didalamnya :

A. Meningkatkan pencernaan
B. Meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh
C. Mengurangi rasa strees
D. Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh
Menurut Agus Mustofa, dalam karya bukunya yang berjudul Mengapa kita berpuasa, tertera bahwa manfaat puasa sangatlah banyak diantaranya:
1. Badan lebih sehat
2. Emosi lebih rendah
3. Pemikiran lebih jernih
4. Hati lebih lembut dan peka
5. Sikap lebih bijaksana
6. Ibadahnya lebih bermakna
7. Hidup lebih tenang
Selanjutnya menurut penelitian Prof.Dr. Moh. Sholeh Dalam bukunya TERAPI SHALAT TAHAJUD, manfaat sholat tahajud antara lain:
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
2. Melancarkan aliran darah
3. Wajah semakin bersinar

Dan menurut Imam Ibnul-Qayyim Al-Jauzy dalam kitab Al-Jawab Al-Kafi Liman Sa’ala An Al-Jawab Asy-Syafi bahwa apabila seseorang mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat maka dapat meningkatkan kesehatan pada tubuh. Dalam hadits Nabi riwayat HR. Muslim juga sudah dijelaskan bahwa ” mukmin yang kuat lebih baik daripada mukmin yang lemah”. Banyak penafsiran Dari hadist ini, namun ada juga Penafsiran para ulama’ mengenai hadist itu bahwa menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting supaya seseorang itu dapat melakukan ibadah dan meningkatkan ketaatan kepada Allah. Jadi mari kita bersama-sama dalam menjaga pola makan dan pola hidup agar organ-organ yang terdapat pada diri ini dapat berfungsi dengan baik.
‘Mahasiswi FTK jurusan Pendidikan IPA UINSA asal Gresik, Santriwati PPM Aljihad, Pembaca Setia Menara Madinah com”