Pengajian Sabtu Pagi Awal Tahun 2022 Pesantren Aljihad Surabaya

0leh : Filda Mufarrihati Yusmansyah.


Pagi ini saya Sabtu 01-01-2022 bakda subuh – 06.00 Wib, kami mengikuti dan mendengarkan pengajian rutinan setiap hari Sabtu dengan Nara sumber Abah KH Imam Chambali bersama santriwan maupun santriwati yang lainnya Perang Tabuk perang yang di lakukan terkhir kali oleh nabi Muhammad Saw, yang mana pada saat itu musim panas, orang” kafir pada saat itu d ajak untuk perang tidak mau dan menjadi provokator orang muslim.
Akhirnya turun lah ayat:
At Taubah: 81

“Farihal Mukhollafuuna Bimaq’adihim Khilafa Rasulullah Wakarihuu An Yujaahiduu Biamwaalihim Waanfusihim Fii Sabilillah Waqooluu Lama Tanfiruu Filharri Qul Naaru Jahannama Asyaddu Harro Lau Kaa nuu Yafqohuun”

“Orang orang yang di tinggalkan (tidak ikut berperang), merasa gembira dengan duduk-duduk diam sepeninggal Rasulullah. Mereka tidak suka berjihad dengan harta danjiwa mereka di jalan Allah dan mereka berkata, “Janganlah kamu berangkat (pergi berperang) dalam panas terik ini.” Katakanlah (Muhammad), “Api neraka Jahanam lebih panas.” Jika mereka mengetahui”

Orang” munafik itu kalo d ajak untuk berjuang d jalan Allah itu nggk suka, orang males dalam hal ibadah itu tempatnya adalah neraka, panasnya d bumi itu 1% dari neraka, orang munafik itu ada aja alasannya ketika di ajak berbuat baik.
Pertanyaannya gini

Mengapa orang itu kok males beribadah?
1. Karena banyak dosa, mcenurut syekh imam Ghozali hati itu ketika berdosa maka ada titik hitam nya yg muncul.
2. Karena tidak faham pentingnya ibadah. Dengan begitu seseorang tidak tertarik untuk mengikuti pengajian atau dalam hal kebaikan apapun itu. Dari semua ibadah itu tujuannya adalah syukur.
3. Karena dia lupa akan Kematian. Sebenernya seseorang itu mengetahui akan mati namun hanya di luar saja, tidak masuk ke dalam hati nya, dia menganggap kematian itu hal yang sepele, biasa saja. Semua itu perlu kita syukuri.
4. Karena memang nggk pernah ngaji. Dan menjadikan males dalam melakukan hal” kebaikan.
5. Karena berlebih” an dalam melakukan hal” yang mubah, sehingga meninggalkan ibadah dan malas untuk mengerjakannya.

Wallahu A’lam bisshowab 🙏
“Santriwati Pesantren Aljihad Asal Pasuruan, mahasiswi FISIPOL UINSA, Pembaca Setia Menara Madinah com”