Peringatan HUT PJI Diapresiasi Forpimda Jatim

 

Surabaya, menaramadinah.com-Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) memperingati HUT PJI  di Gedung BK3S Convention Center Surabaya, Jum’at  22/12/2017 sore sampai tuntas jam 23.30 kemarin.

Menurut Hartanto Boechori Ketua Umum Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) mengatakan,  ‘acara inipun terlaksana berkat kerja sama dan urunan sukarela anggota PJI. Ada yang urunan dana, urun tenaga dan waktu, ada yang atur sana atur sini….. Pokoknya kerja sama hebat.

Boechori juga memaparkan sejarah berdirinya PJI dan berbagai karya PJI yang berdaya guna bagi Bangsa dan NKRI. “PJI sejak awal memperjuangkan agar Undang-undang Nomor 40 tahun ‘99 tentang Pers diperlakukan sebagai lex specialis. Kalau dulu yang digunakan adalah KUHP, tetapi sekarang adalah Undang-undang Pers’.

Menurut Boechori, bahwa hanya PJI/Persatuan Jurnalis Indonesia dibawah kepemimpinannya yang terdaftar resmi di Negara dan diakui Dewan Pers.

Acara dihadiri 178 orang (sesuai daftar hadir) termasuk Gubernur Jatim diwakili Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Yudianto, Kapolda Jatim diwakili AKBP Fadli dari Bid Humas Polda Jatim, Pangdam V Brawijaya diwakili Mayor Eko dari Pendam V Brawijaya, Danrem Bhaskara Jaya diwakili Dandim 0831/Surabaya Timur  Letkol. Inf. Lukman Hakim, dan Kepala Dinas Kominfo Jatim diwakili Eko, dibuka lebih lambat dari jadwal semula karena force majeur, sejak sore hujan dan terjadi kemacetan parah di beberapa titik kota Surabaya.

Subagiyo Herry Supriyanto, Pemimpin Redaksi Koran Sidik Nusantara  memimpin doa pembuka, dilanjutkan menyanyikan Indonesia Raya. Setelah itu pembacaan Kode Etik Jurnalistik disampaikan secara oleh Sri Sudarti dari Departemen Hukum dan HAM PJI.

Panitia pelaksana sekaligus Humas PJI Jentar Sitinjak yang juga Pemimpin Redaksi BeritaKorupsi.co itu, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua anggota PJI atas kerjasamanya melaksanakan acara syukuran yang dipersiapkan tidak sampai 10 hari itu.

Jentar juga meminta seluruh anggota PJI lebih kompak  lagi di masa mendatang. Disampaikan juga pesan moral agar jurnalis menjadi penyampai informasi yang akurat dan bertanggung jawab. Untuk itulah PJI ada sebagai wadah pemersatu untuk menjadikan jurnalis yang proposional dan profesional.

Gubernur Jatim dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bakesbangpol Jawa Timur, Jonathan Yudianto, pada intinya mengingatkan para jurnalis agar selalu sejuk dalam melakukan pemberitaan karena “pena” wartawan itu tajam dan mengajak para jurnalis untuk memahami wawasan kebangsaan sebagai pemersatu NKRI, khususnya dalam waktu dekat ini dalam rangka Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah, Red) dan Pilpres (Pemilihan Presiden, Red.).

Hal senada disampaikan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin melalui AKBP Fadly, agar wartawan bekerja secara professional sebagaimana dalam Kode Etik Jurnalis serta menghindari pemberitaan yang bersifat “Hoax”.

Akhir acara dilanjutkan dengan  makan bersama, hiburan elekton pimpinan Ifan dan penyanyi Fia Mirada dan Nur Viandra, diselingi pembagian doorprize.

Acara berakhir jam 11.30 setelah penyerahan undian hadiah utama Magic com oleh Ketua Umum PJI kepada Imam Triono. Sugik/Hisyam

(HM)