Jas Merah Para Kiai Pejuang Kemerdekaann Melawan Jepang, Inggris dan Belanda

 

Catatan Kushartono Ketua Harian
Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Kediri Ds Pojok Kec. Wates Kab Kediri.

Mengetahui sejarah tidak hanya penting tapi maha penting. Sebagaimana kata Bung Karno “Jas Merah”. “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, jangan sekali-kali melupakan sejarah.”

Dengan mempelajari sejarah kita bisa mengetahui masa lalu, dengan mengetahui masa lalu kita bisa bersikap bagaimana dan apa yang kita harus lakukan dimasa kini dan masa depan. Sejarah ibarat kaca benggala untuk hari depan. Tanpa sejarah berari kita kehilangan kaca benggala yang bearti kita tidak akan tahu apa yang harus kita lakukan dimasa depan.

Terlebih sejarah Para Kyai. Kita tahu Indonesia ini adalah bangsa dan negara dengan jumlah umat Islam terbesar dunia. Yang artinya sejarah bangsa dan NKRI ini erat dengan peran para Kyai. Maka mengetahui sejarah para Kyai adalah sangat penting bahkan wajib

Semangat perjuangan para Kyai adalah semangat perjuangan yang didasari oleh nilai-nilai Ketuhanan, nilai-nilai keihlasan, nilai-nilai kesabaran. Dan semua ini adalah pondasi untuk menjadi pejuang yang sajati, buka pecundang.

Sebab hari ini tak banyak lagi orang sadar akan pentingnga nilai-nilai tersebut. Akibatnya banyak yang merasa dirinya sebagau pejuang tapi terkadang dia adalah pecundang.