Teliti Islam Nusantara, Dosen UIN SATU Raih Gelar Doktor

Surabaya-menaramadinah.com-Jum’at yang berkah yakni pada tanggal 16 Juli 2021, tepatnya pukul 08.30 s.d. 10.30 WIB Sahabat Budi Harianto yang berprofesi sebagai Dosen UIN SATU Tulungagung telah melaksanakan ujian disertasi terbuka .

Selama pandemi covid-19 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya melakukan ujian terbuka seacara virtual melalui Zoom. Sahabat Budi Harianto selaku Promovendus menyelesaikan riset disertasi dengan judul Islam Nusantara Dalam Konstruksi Ulama NU Jawa Timur.

Sidang Ujian Terbuka dipimpin oleh Ketua Penguji Prof. Dr. H. Aswadi, M.Ag, selaku Direktur Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, selanjutnya mempersilahkan kepada penguji sekaligus Promotor Pertama yaitu Prof. Dr. H. Ali Mufrodi, MA. Prof Ali menanyakan kepada promovendus tentang relasi Islam Nusantara dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Kemudian penguji sekaligus Promotor Kedua yaitu Prof. Dr. H. Shonhaji Sholeh menanyakan tentang proses dialektika Ulama NU Jawa Timur dalam mengkonstruksi Islam Nusantara. Selanjutnya penguji utama Prof. Dr. Syamsun Ni’am, M.Ag. dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menanyakan tentang orisinalitas dan novelty dari disertasi tersebut.

Penguji selanjutnya Dr. Rubaidi, M.Ag. menanyakan tentang definisi Ulama. Penguji selanjutnya sekaligus Sekretaris Sidang yaitu Dr. H. Hammis Syafaq, M.Fil.I. menanyakan tentang tipologi ulama NU Jawa Timur dalam mengkonstruksi Islam Nusantara.

Penguji terakhir Prof. Dr. H. Aswadi, M.Ag menanyakan landasan normatif Islam Nusantara. Semua pertanyaan dewan penguji dijawab dengan tegas dan lantang serta berbasis data riset, sehingga memuaskan para dewan penguji.

Setelah prosesi ujian selesai, sidang di skor selama 5 menit dan dewan penguji masuk meeting room tersendiri untuk memutuskan hasil siding ujian terbuka. Selanjutnya siding dibuka kembali dan Ketua Penguji mengumumkan hasil ujian terbuka Promovendus dengan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan lulusan doktor ke 715 dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pesan dan kesan disampaikan Promotor Pertama Prof. Dr. Ali Mufrodi, M.A. dan Promotor Kedua Prof. Dr. Shonhaji Sholeh untuk promovendus. Isi pesan kedua promotor semoga ilmu yang diperoleh bermanfaat dan bisa mengembangkan ke jenjang selanjutnya yakni Profesor.

Sidang Terbuka Disertasi ditutup dengan ucap syukur yang dipimpin oleh Ketua Sidang. Sidang diakhiri dengan ucapan selamat dari keluarga, rekan kerja, dan sahabat-sahabat yang hadir yang hadir di zoom meeting siding terbuka tersebut.

Naskah : Cak Budi , Edited by Bro-J