Gandeng Mendelay, ISNU dan LPTNU Sidoarjo Gelar Webinar Pelatihan Aplikasi Manajemen Referensi

 

Sidoarjo-menaramadinah.com-Sebagai bentuk komitmen Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) dan Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Sidoarjo dalam peningkatan kualitas masyarakat akademik di perguruan tinggi (Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan) pada tanggal 10 Juni 2021 bersama Mendeley melaksanakan kegiatan Webinar pelatihan aplikasi manajemen referensi. Kegiatan yang dipandu oleh M Adhi Prasnowo selaku perwakilan Mendeley Advisor.

Kegiatan yang berjalan selama kurang lebih 3 jam berjalan dengan baik dengan antusisme peserta yang luar biasa. Terdaftar peserta sebanyak 281 pendaftar dan yang bergabung dalam kegiatan sebanyak 100 peserta. Terlihat antusiasme peserta terhadap kegiatan adalah dengan adanya permintaan diadakannya kegiatan lanjutan ddengan kelompok yang lebih intensif.

Dalam rangkaian yang dilaksanakan, Dr. Sholehudin selaku Ketua Pengurus Cabang ISNU Sidoarjo menyampaikan pentingnya pemahaman aplikasi mendeley untuk kegiatan penulisan ilmiah dan juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Mendeley. Hal senada juga disampaikan oleh Eko Setijadi selaku Ketua Pengurus Cabang LPTNU Sidoarjo tentang penting penulisan ilmiah yang juga berdampak pada peningkatan reputasi perguruan tinggi.

Pada materi inti kegiatan pelatihan aplikasi mendeley yang dipandu oleh mendeley advisor secara langsung. Dalam pelatihan ini, peserta dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunkan Mendeley. Selanjutnya, peserta juga mendapatkan materi membangun network akademis dengan memanfaatkan fitur Mendeley Group. Dengan demikian, peserta dapat mencari dan berpartisipasi dalam grup pengguna Mendeley di seluruh dunia yang memiliki bidang keahlian yang sama.

Pada kesempatan terakhir pelatihan juga disampaikan fasilitas mendeley yang menyediakan research data yang dapat dimanfaatkan oleh peneliti-peneliti lain pada laman data.mendeley.com. Dalam kegiatan ini juga ada hal yang menarik dikarenakan beberapa peserta terpilih akan mendapatkan official merchandise dari mendeley sehingga menjadikan kebanggaan tersendiri dari peserta yang mendapatkannya. SDH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *