Seleksi Akhir Atlet NPCI Jember

 

Jember-menaramadinah.com-Mendekati gelaran perdana Pekan Paralimpiade Provinsi (Peparprov) Jawa Timur yang akan dilaksanakan tanggal 20-24 Mei 2021, atlet-atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Jember telah menyiapkan diri dengan melakukan serangkaian latihan.

Sejak tanggal 24 Maret 2021 latihan secara rutin dilakukan setiap tiga hari dalam seminggu, yaitu setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Memasuki bulan Ramadhan semangat atlet NPCI Jember bukannya memudar tetapi justru makin kuat, latihan tetap dilakukan tiga kali dalam seminggu pada sore hari dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Setelah melalui serangkaian latihan, NPCI Jember mengadakan tahapan seleksi atlet yang akan dikirim ke Peparprov. Seleksi dilakukan untuk cabang olahraga Atletik, sementara untuk cabang olahraga Bulutangkis dan Tenis Meja tidak dilakukan seleksi sebab ketersediaan atlet yang terbatas.

Untuk cabang olahraga Bulutangkis, NPCI Jember mengirimkan dua atlet dengan klasifikasi disabilitas daksa, sementara cabang olahraga Tenis Meja hanya satu atlet dengan klasifikasi disabilitas daksa. Sedangkan di cabang olahraga Atletik, penerjunan atlet didasarkan pada hasil seleksi.

Berdasarkan seleksi tahap awal, NPCI Jember akan mengirimkan atletnya untuk lima cabang olahraga Atletik yaitu cabang olah raga Lari 100 M putra putri dengan klasifikasi disabilitas daksa, netra dan tuli, Lompat Jauh putra putri dengan klasifikasi disabilitas daksa dan tuli, Tolak Peluru Putra dengan klasifikasi disabilitas daksa, Lempar Lembing Putra dengan klasifikasi disabilitas daksa, Lempar Cakram Putra dengan klasifikasi disabilitas daksa.

Khusus untuk tiga cabang olahraga yang terakhir disebutkan, yaitu Lempar Cakram, Lempar Lembing, dan Tolak Peluru hanya dipertandingkan untuk putra. Ketentuan tersebut dicantumkan dalam Pedoman Teknis Pekan Paralimpiade Provinsi Jawa Timur I Tahun 2021.

Dalam Pedoman Teknis tersebut Lempar Lembing Putri, Lempar Cakram Putri, dan Tolak Peluru Putri dengan klasifikasi disabilitas daksa lower 42/duduk tidak dicantumkan atau tidak dipertandingkan.

Seleksi awal yang telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 28 April 2021 diikuti sebanyak 25 atlet cabang olahraga atletik, dari proses seleksi tersebut terjaring 21 atlet yang lolos untuk mengikuti seleksi tahap akhir yang akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 30 April 2021. Selanjutnya, dari 21 atlet tersebut akan dipilih lagi 15 atlet terbaik untuk cabang olahraga Atletik.

Adapun total jumlah atlet yang akan diterjunkan adalah 18 orang atlet, yang terdiri dari 15 atlet untuk cabang olahraga atletik, 2 atlet untuk cabang olahraga Bulutangkis, dan 1 atlet untuk cabang olahraga Tenis Meja.

Selama proses latihan, dukungan masyarakat Jember terhadap atlet penyandang disabilitas baik secara individu atau kelembagaan sangat luar biasa. Khususnya terkait ketersediaan asupan gizi, bantuan secara sukarela yang diberikan, baik berupa makanan, vitamin, dan lainnya sangat membantu NPCI Jember dalam mengadakan latihan sebagai persiapan mengikuti Peparprov.

Bagi kawan2 jurnalis, mohon kesediaannya untuk meliput kegiatan latihan kami pada hari Jumat, 30 April 2021 pukul 15.00 WIB hingga selesai di stadion JSG.

Salam hormat,

Kusbandono
Ketua NPCI Kabupaten Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *