Kebutuhan Darah di Wilayah PMI Jember Pada Bulan Puasa Lebih Meningkat Jika Dibandingkan dengan Hari Hari Biasa

Jember 30 april 2021 menaramedinah.com.PMI Jember pada bulan puasa memiliki program unggulan untuk memenuhi stok darah .Menurut ketua PMI Jember Zaenal Arifin SH.kebutuhan darah pada bulan puasa sesuai pengalaman tahun lalu antara 5000 hingga 6000 kantong.

Untuk antisispasi melonjaknya kebutuhan Darah di PMI Jember PMI Jember kerjasama dengan Satuan satuan TNI dan organisasi masyarakat untuk melaksanakan Donor darah.

Bagi pendonor yang sudah melakukan donor secara rutin bulan suci romadan biasanya merupakan hari yang di tunggu tunggu untuk mendonorkan darahnya demi keselamatan sesamanya.

Menurut Zaenal permintaan akan kebutuhan darah bagi pasien saat bulan puasa mengalami peningkatan jika di bandingkan dengan hari hari biasa.

Peningkatan tersebut sepertu untuk ibu melahirkan dan berbagai jenis penyakit yang mengharuskan transfusi darah. Jember yang menjadi central keberadaan rumah sakit-rumah sakit di wilayah Tapal kuda maka PMI jember akan lebih banyak menyediakan permintaan darah .Dikatakan meski stok darah di PMI aman pihaknya akan terus melayani para pendonor yang secara rutin mendonorkan Darahnya.

Kepada Menaramedinah Zaenal Arifin lebih jauh menjelaskan donor darah yang dilakukan pada malam hari itu pihaknya menerjunkan petugas di beberapa titik Pelayanan sehingga masayarakat terdekat bisa mendonorkan darahnya seusai sholat Traweh.

Dikatakan sumbangan darah oleh orang yang sedang berpuasa kepada orang yang membutuhkannya adalah suatu amal shaleh .
ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pendonor agar tetap dapat melakukan donor darah meski sedang berpuasa yaitu syarat kesehatan harus prima dimana sebelum donor akan diperiksa oleh Tim medis PMI.

Menurut Ketua PMI Jember Zaenal Arifin bagi masyarakay yang ingin Donor harus memperhtikan soal makan sahur dan berbuka karena asupan makanan dinilai penting bagi pendonor darah sebelum donor dilakukan.

Dikatakan agar tidak dehidrasi saat mendonorkan darah, maka disarankan pendonor harus mencukupi kebutuhan cairan dengan minum cukup saat Sahu,
sta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *