Peringati Malam Nisfu Sya’ban, LAZISNU Ranting Banjarsari Sidoarjo Santuni Puluhan Yatim

 

Sidoarjo, 29/03/2021-menaramadinah.com-Dalam rangka memperingati malam Nisfu Sya’ban yang jatuh pada tanggal 15 Sya’ban 1442 Hijriyah atau hari Ahad (28/03/2021). Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, menggelar santunan kepada 35 anak yatim di Masjid Sabilil Mustaqim desa setempat.

Rangkaian acara peringatan Nisfu Sya’ban di Desa Banjarsari ini diawali dengan napak tilas ke makam sesepuh desa setempat, lalu dilanjutkan dengan kegiatan Khatmil Qur’an, dan dalam puncak acara disemarakkan dengan santunan anak yatim serta penyerahan bantuan untuk rehab mushalla, dan ditutup dengan pengajian umum.

Ketua Pimpinan Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Banjarsari Nidlomuddin mengemukakan, dalam acara  ini paniita telah menyiapkan dana sekitar 15 juta untuk santunan anak yatim.

“Santunan yang dilakukan oleh LAZISNU ini sebagai wujud khidmat NU kepada jama’ah. Kita mentasharufkan santunan anak yatim per orang sebesar 500 ribu dalam bentuk tas sekolah, uang saku, dan sembako,” kata Nidlom.

Nidhom menambahkan, UPZIS LAZISNU Ranting Banjarsari juga telah menyerahkan bantuan secara simbolis berupa material bahan bangunan masing-masing 20 sak semen untuk dua mushalla setempat yang sedang direhab.

“Ini juga adalah wujud semangat dari teman-teman LAZISNU dan NU dalam meneladani khidmah muassis. Sumber dana yang digunakan untuk kegiatan ini mayoritas berasal dari kaleng Koin NU Peduli, selain dari beberapa donatur tetap,” imbuhnya.

Kepala Desa Banjarsari ini menengatakan, UPZIS LAZISNU Ranting Banjarsari saat ini telah menyebarkan kurang lebih 600 kaleng Koin NU Peduli di kawasan tersebut dengan rata-rata perolehan sekitar enam hingga tujuh juta per bulan.

“Teman-teman juga sudah menyiapkan kemandirian ekonominya, dan kemarin sudah ada beberapa produk yg rencananya juga akan difasilitasi dan kemudian dibina oleh LAZISNU Ranting Banjarsari. Kami berharap kedepan ada sinergi dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa (Pemdes) dengan LAZISNU Ranting Banjarsari,” ungkapnya.

Penulis : Arum Maftucha