Tingkatkan Ekonomi Umat, Stasi Santo Vinsensius A Paulo Jenangan Budidayakan Tanaman Porang

Madiun.Menara Madinah.Com, Sebagai suatu upaya untuk meningkatkan taraf perekonomian umat di masa pandemi ini, Stasi Santo Vinsensius A Paulo Jenangan, Bandungan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun membudidayakan tanaman porang sejak Oktober 2020.
Penanaman porang telah dilakukan oleh Remaja Katolik( Rekat) dan Pengembangan Sosial Ekonomi ( PSE) di 3 lahan berbeda yaitu di belakang gereja dalam polibek, di lahan pekarangan milik umat, dan di lahan milik Perhutani. ” Tanaman porang telah menjadi icon Kabupaten Madiun ,perawatannya relatif mudah, dan prospeknya bagus,” tutur Yohanes Joko Santoso ,SE sebagai ketua stasi Jenangan.
Dia menambahkan bahwa usaha budidaya tanaman porang milik stasi Santo Vinsensius A Paulo Jenangan telah berusia sekitar 6 bulan , berkembang dengan baik, dan telah mulai memanen katak( buah yang tumbuh antara batang tanaman porang, red).
“Untuk kedepannya nanti gereja akan mengadakan pembibitan porang dan umat wajib membeli bibit ,dipelihara di rumah masing- masing, ” imbuhnya.
Budidaya porang sebanyak 10.000 bibit dari stasi Santo Vinsensius A Paulo Jenangan ini telah menarik perhatian dari crew acara religi Katolik dari TVRI Stasiun Surabaya hingga mereka mengadakan shooting di Gereja Santo Vinsensius A Paulo yang dihadiri Romo RD Antonius Yanuardi , Romo Kepala Paroki Santo Cornelius Madiun.
Selaku Ketua Stasi Santo Vinsensius A Paulo yang jumlah umatnya 300 jiwa, Yohanes Joko Santoso merasa bangga dan senang bahwa Gereja Santo Vinsensius dijadikan lokasi shooting program religi Katolik dari TVRI Surabaya.
” Saya sebagai ketua stasi tentunya senang dan bangga Gereja Santo Vinsensius A Paulo yang lokasinya di desa menjadi tempat shooting sebuah acara religi dari TVRI Surabaya. Semoga gereja kami akan lebih dikenal masyarakat luas,” pungkasnya .

Tak lupa, Y.Joko Santoso mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang mendukung kelancaran proses shooting dari TVRI Surabaya ( 24/3/2021) kemarin yang menurut rencana akan tayang pada bulan Mei. *Bro J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *