dr. Abraham Dalam Talkshow Bertajuk Jantung Coroner di Acara Halal bi Halal ISNU dan UNUSA Surabaya

Surabaya-menara madinah.com-Acara Halal bi Halal yang diadakan UNUSA dan ISNU Surabaya kali ini cukup menarik. Karena dikemas dengan Talkshow tentang Jantung Koroner yang dibawakan dr. Abraham, dokter spesialis jantung di Rumah Sakit Islam NU Surabaya Sabtu, 22 Juni 2019 di Lantai 3 UNUSA Surabaya.

Dalam paparannya dr.Abraham mengatakan, pembahasan masalah penyakit jantung coroner  itu sangat penting untuk diketahui seluruh peserta Halal bi Halal. Karena menyangkut angka kematian cukup tinggi. Mereka meninggal kebanyakan diluar rumah sakit. Meninggal mendadak. Oleh karena itu, supaya terselamatkan harus cepat cepat dibawa ke Rumah Sakit.

“Hanya 10 persen yang selamat. Pasien saya itu sudah pulang. Tapi tiba tiba serangan jantung, ya di ICU lagi. Untuk laki laki banyak yang rawan kena penyakit jantung coroner. Sedangkan perempuan tidak. Tapi setelaj monopause baru perempuan mudah terserang jantung coroner,”ujar dr. Abraham dengan setengah teryawa.

Lebih lanjut ia menyatakan dirinya merasa senang jika pasiennya memiliki BPJS. Sehingga mudah mencarikan obat.  Katena sudah ada yang nanggung. Tapi jika tidak punya BPJS, masih menghitung. Obat mana yang cocok. Oleh karena itu, setelah berobat saya suruh ngurus BPJS. Biar mudah ditangani. Mengingat harga obat mahal.

 

Untuk itu, ia menyarankan agar melakukn olah raga setiap hari rutin. Kemudian jalan kaki keliling kampung. Makan makanan lemak nabati, jangan merokok dan melakukan pemeriksaan. Sehingga bisa dideteksi secara dini.

Husnu Mufid

Koresponden MM.com