Wanita Penyejuk Hati Menurut Rasulullah Saw

Oleh : Dra. Ilun Muallifah, M.Pd.

Sebagai salah satu pusat kehidupan dunia ini, maka membicarakan, mengulas dan mendeskripsikan sosok ideal wanita sungguh penting kiranya. Wanita seperti apakah yang mengimbangi berbagai aspek kehidupan nya, yang bukan saja enak dipandang karena kebersihan nya, melainkan mampu membuat orang lain tersenyum karena keindahan budi pekerti yang terpancar melalui wajah yang penuh dengan air wudhu dan bening tatapan matanya.
Wanita yang sangat ideal bukanlah wanita yang sempurna dalam segala aspek : fisik, mental, emosi dan spiritual.
Itulah wanita QURROTA A’YUN (penyejuk hati) menurut Al-Qur’an, sedangkan sifat sifat wanita idaman penyejuk hati menurut rasulullah Saw :
1. Penuh kasih sayang kepada anak anak.
2. Dapat mendidik anak-anak dengan baik.
3. Menghargai kerja keras suami
4. Mampu mengatur urusan dan anggaran belanja rumah tangga
Dalam hadits riwayat Thabrani dari Abdullah bin Salam, nabi bersabda : “Maukah engkau kuberitahu simpanan terbaik bagi seseorang”?
Simpanan yang terbaik itu adalah WANITA YANG SOLIHAH. Menyenangkan suami nya apabila dipandang, mentaati segala perintahnya, dan selalu menjaga kehormatan dan kesucian dirinya saat suaminya tidak bersamanya.
Itulah pandangan Rasulullah Saw tentang sosok wanita idaman penyejuk hati, sebuah pandangan yang jauh ke depan yang menunjukkan kedalaman visi beliau.
Itulah pandangan yang intregal dan komprehensif yang memperlihatkan manfaat masa lalu, masa kini dan masa depan.
Riset penelitian buku karya Ahmad Izzan yang berjudul WANITA PENYEJUK HATI 2006 yang diterbitkan oleh OASE mata air makna Bandung ini sangat tepat untuk calon mempelai pria untuk mencari jodoh wanita solihah.
Saya yakin wanita solihah penyejuk hati adalah dambaan kaum pria, kapan pun dan di mana pun. Oleh karena itu, seorang pria sekuat tenaga akan terus berusaha sekuat tenaga untuk menemukan sosok wanita idaman ini.
Buku ini setebal 192 halaman yang isinya diantaranya adalah : 1, Gambaran Psikologis dan Moralitas Wanita Penyejuk Hati, 2 Tolok ukur wanita penyejuk hati, 3. Wanita Penyejuk Hati dan sexs, 4, Kiat kiat Wanita Penyejuk Hati Memecahkan Masalah Rumah Tangga dan Tipikal Wanita Penyejuk Hati.
Buku ini bisa jadi menjadi panduan praktis ringkas bagi setiap wanita bagaimana caranya untuk bermertaforsis menjadi seorang wanita ideal yang diidamkan oleh kaum pria
Ala kulli hal, dengan membaca buku ini ada harapan bukan saja menemukan wanita Solihah idaman penyejuk hati, tetapi juga dapat membantu wanita wanita yang kita kenal serta diri kita sendiri untuk menjadi seorang wanita ideal solihah penyejuk hati…
Barakallah….
Waallah a’lam Bissowab…
Penulis : Dosen Psikologi Keluarga FTK UINSA, pembaca setia menara Madinah com