Ketua PCNU Sampang Ziarah Makam Ulama Bernisan Logo NU

Sampang_menaramadinah.com Selama ini warga Nahdliyin Kecamatan Kedungdung meyakini Kyai Sarkawi merupakan salah satu ulama perintis sekaligus penggerak Nahdlatul Ulama di Kabupaten Sampang.
Hal ini dibuktikan dengan adanya pahatan logo NU di batu salah satu batu nisan tempat bersemanyamnya Kyai Sarkowi. Makamny yang terletak di Desa Rabasan Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang.

Ditemui di komplek pemakaman, salah seorang cucu Kyai Sarkowi, K.H Asyari mengatakan bahwa kakeknya itu dulu merupakan perintis berdirinya NU di Kabupaten Sampang terutama di wilayah utara.

” Batu nisan berlogo NU yang ada merupakan bukti kecintaan almarhum pada NU. Bahkan di batu nisan putra beliau yang ada di sebalah timurnya itu juga terukir logo Ansor ” Ucap Kyai Asyari, Minggu Malam (06/09/2020)

Beliau, Lanjut Kyai Asyari, adalah santri langsung K.H Sabrowi Prajjan. Sehingga ketika NU mau didirikan di Sampang, K.H Sabrawi langsung mendatangi dan mengajak Kyai Sarkowi untuk menyebarluaskan ajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah melalui NU.

” Saat itu kakek sudah punya pesantren di rabasan sini dengan jumlah santri kurang lebih 100 orang ” Ungkap Kyai yang juga menjabat sebagai Wakil Syuriah MWC NU Kedungdung ini.

Kyai Asyari juga menceritakan kakeknya juga terlibat dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

” Abah saya pernah bercerita bahwa dulu saat Belanda hendak masuk ke Kedungdung, Kyai Sarkowi menancapkan Tombak di daerah Komis untuk menghalau penjajah. Hasilnya, pasukan Belanda saat itu kebingungan dan terpencar sehingga mudah untuk diserang ” tutur Kyai Asyari.

Ketua PCNU Sampang, K.H Moh.Itqon Bushiri, setelah melakukan ziarah ke makam tersebut mengatakan bahwa dirinya sangat tertarik tatkala mendengar adanya makam seorang Ulama NU di Sampang yang batu nisannya sudah terukir logo NU.

” Tadi saya ke sini seperti ada panggilan, ternyata didapatkan makam seorang Ulama kharismatik pendiri dan pejuang NU di Sampang ” ujar kyai muda yang akrab dipanggil Ra Itqon ini.

Untuk itu ke depan, Ra Itqon berjanji untuk menjadikan makam Kyai Sarkowi sebagai salah satu tujuan ziarah muassis NU yang rutin digelar setiap peringatan Harlah NU oleh PCNU Sampang.

” Insya Allah di harlah selanjutnya, Makam ini menjadi tujuan ziarah, agar generasi muda NU bisa meneladani perjuangan dan besarnya kecintaan beliau untuk membesarkan NU di Sampang” pungkas Ra Itqon.

Akhmad_JurnalisCitizen.com