Makam Adipati Surabaya Pertama Zaman Belanda

Surabaya-menaramadinah.com-Nyaris Warga Surabaya tidak tau. Di sebelah utara Masjid Nurul Ihsan Jl. Bibis depan Stasiun Semut ada “Makam Kuno Kadipaten Surabaya”.


.
Makam para tokoh penting yg ikut andil dalam membangun Surabaya Tempo dulu, inilah “Pesarean Kromodjajan Kanoman Surabaya” Atau lebih dikenal dengan Pesarean Bibis. yg di dalamnya disemayamkan Bupati pertama Surabaya dan para Patih Surabaya, diantaranya :.
~ Kandjeng Adipati Kromodjojodirono l / Raden Gloendoeng Merupakan Bupati Surabaya dari Th. 1819 s/d 1825. Mendapat sebutan/julukan Kanjeng Perment karena merupakan Bupati pertama dari pemerintah Belanda
.
~ Darmojudo V / Raden Joko Ismail Kromowidjojo
merupakan Bapak dari “Kandjeng Adipati Kromodjojodirono l /Raden Gloendoeng atau dikenal dengan nama Kromowijoyo, menjabat Patih di Surabaya.


.
Ini masih ada hubungannya dengan makam Ningrat yang ada di komplek pesarean Sentono Boto Putih (Pegirian), juga banyak dimakamkan para Adipati dan keluarga keraton Kanoman dan kesepuhan, diantaranya ada makam Bupati Surabaya lainnya yakni :

– Raden Tumenggung Djimat Tjondronegoro l / Kiyai Onggowidjoyo. Bupati Kasepuan Surabaya / Hoofd regentĀ 1752-1763
.
– Raden Adipati Aryo Tjokronegoro IV / R.Bagus Abdulkadir Djaelani – Bupati Surabaya 1863-1901
.
– Raden Adipati Aryo Tjokronegoro V / R.Panji Ripin – Bupati Surabaya 1901-1912
.
– Mas Adipati Panji Djoyodirono. Bupati Kanoman di Wonokromo Surabaya. Diangkat th 1752. Pengangkatan bersamaan Kyai Onggowidjoyo. Orang Belanda mengatakan “tweede Regent”; Karena pada waktu itu Kadipaten Surabaya dipecah menjadi dua Kadipaten.
M. Yunus Gipo