KEMBALI HIJAUKAN HUTAN

Menara medinah.com.
Jum’at tanggal 4 September 2020. Sekitar jam 07.30 wib sekelompok pegiat lingkungan yang bersih dan sehat, ikut berpartisipasi dalam giat penanaman pohon trembesi dan puyang di daerah tepi pantai serit. Dengan tujuan menghijaukan Hutan kembali.
Sesuai dengan PERMENLHK RI nomor : P. 39/ MENLHK/ SETJEN/ KUM.1/ 6/ 2017 tentang Perhutanan Sosial Di Wilayah Kerja Perum Perhutani. Maksud dan nya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa hutan dengan tetap menjaga keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk izin pemanfaatan hutan. Di sini masyarakat sebagai pelaku utama, dalam pengelolaan hutan secara optimal dan adil dengan tetap menjaga Kelestarian Hutannya.

sper Lodoyo Timur (Tukani), KRPH Serang (Zanuar Setia Budi) juga Ketua LMDH desa Serang (Budiono) akan terus melakukan giat menanam pohon bersama dengan masyarakat, juga pegiat lingkungan yang ada. Dengan harapan dalam waktu dekat, hutan di kawasan bibir pantai ini bisa rindang dengan penuh tanaman kehutanan dan jenis buah – buahan.
Kami sebagai masyarakat sangat berterima kasih, kepada pihak” terkait yang dengan tanpa mengenal lelah terus bersikeras untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya Hutan Lestari (ujar beberapa warga bernama Eko Suyatno, Mochamad Yasin).
Pantai Serit ini berada di sebelah barat Pantai Serang desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar, keberadaannya masih sangat perawan. Di situ juga terlihat pembangunan Jalur Lintas Selatan yang terus di kebut pengerjaannya.
Hutan yang hijau akan terlihat lebih menarik, untuk para wisatawan bisa menikmati tepi pantai yang eksotis.
Salam lestari

Jurnalis menara madinah.com

Agus Budi Sulistyo