MI TARBIYATUL BANAT SIMO SABET JUARA I LOMBA OLIMPIADE BAHASA ARAB

Lamongan-menaramadinah.com-MI TARBIYATUL BANAT kembali mengukir prestasi membanggakan. Madrasah yang memadukan pendidikan agama dan ilmu umum ini meraih Juara I Lomba Group ASC (Arabic Smart Contest) pada OBIBA XII (Olimpiade Bahasa Inggris dan Bahasa Arab) Tingkat Kabupaten Lamongan Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh MTs Terpadu Roudhotul Quran Lamongan pada 20 Februari 2020 lalu.
Tim asal madrasah yang berlokasi di Desa Simo Sungelebak, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, ini terdiri atas Aghni Khavia Safitri (12) siswi kelas 6, Andin Aulia Syarif (11) siswi kelas 6, dan Nur Fuadatul Fitroh (10) siswi kelas 5. Mereka mengungguli tim dari beberapa madrasah tingkat SD/MI Se-Kabupaten Lamongan.
Ajang tersebut merupakan kompetisi dalam bidang bahasa Arab, meliputi kata benda (isim), kata petunjuk (ismul isyaarah), kata tanya (ismul istifhaam), kata keterangan (dharf), kata sambung (ismul maushuul), kata kerja (fiil), kalimat pasif (mabni majhuul), ungkapan umum, dialog, dan lain-lain.
Ketiga siswi tersebut merasa sangat senang “Alhamdulillah kerja keras dan kesabaran kami menjalani Kompetisi ASC yang lumayan panjang akhirnya membuahkan hasil. Tidak hanya kemampuan berbahasa Arab yang kami andalkan dalam mengikuti olimpiade ini, tetapi juga keterampilan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar serta bimbingan-bimbingan dari para guru pembimbing,” ujar Agni, Andin, dan Fitroh.
Ziyanatut Diyanah Indarrohmani, S.Pd, kepala MI Tarbiyatul Banat, turut mengapresiasi prestasi siswinya tersebut. “Saya bangga sekali kepada para siswi dan guru kami yang turut membanggakan madrasah ini. Mudah-mudahan prestasi ini dapat memotivasi siswi lain untuk terus meningkatkan potensi belajarnya, hingga ke depannya lebih dapat berprestasi,” paparnya.
Beliau menambahkan, prestasi ini merupakan salah satu bukti komitmen MI Tarbiyatul Banat sebagai madrasah yang memadukan pendidikan agama dan ilmu umum sehingga mampu mencetak siswi-siswi yang mahir di kedua bidang ilmu tersebut. Madrasah yang dinobatkan berbrand Madrasah Religi hasil penilaian Pengawas Kec. Karanggeneng Tahun 2019 ini juga merupakan madrasah pencetak kader tahfidz muda. Kami telah melaksanakan wisuda juz 30, 1, 2, dan 3 yang merupakan agenda tahunan madrasah dan nantinya akan selalu ada peningkatan hafalan hingga 1 Al-quran penuh di tahun-tahun berikutnya, terangnya.

Sholehuddin jurnalis Citizen