Pertemuan Ngenthak 1 Persiapan Peresmian HKAN Yogyakarta

Pertemuan Ngenthak 1 Persiapan Peresmian Organisasi Himpunan Kepercayaan dan Adat Nusantara [HKAN]

Telah dilangsungkan pertemuan Persiapan Peresmian Organisasi Himpunan Kepercayaan dan Adat Nusantara [HKAN], pada hari Rabu tertanggal 13 Februari 2019, bertempat di dukuh Ngenthak, Kadipura, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta [ rumah kediaman Dr. Budiono Santoso]. Pertemuan bertujuan untuk [1] melakukan perkenalan antara para pengurus Himpunan Penghayat Kepercayaan [HPK] dan pendiri dan anggota organisasi yang baru [akan] terbentuk HKAN, [2] membahas persiapan peresmian organisasi HKAN. Pertemuan dihadiri oleh, [1] Bapak Bakrin Buedhiyono, [2] Poniran Sastro Aroyo, [3] Cahyadi Harjo Utomo, [4] Poniran Kastono, [5] Dharmo Sayoko [6] Edward Baringin O Sihite, [7] Sieniwati, [8] Erwin Harimanu, [9] Sungkono, [10] Suhariono, [11] Budiono Santoso, [12] Hangno, dan [13] Diah Patra.

Pertemuan dibuka dengan ucapan selemat datang oleh tuan rumah dan penjelasan mengenai tujuan pertemuan. Dilanjutkan dengan perkenalan masing masing peserta serta penjelasan, mengenai sejarah perjalanan panjang HPK oleh Bp. Bakrin Boedhiyono dan Bp. Poniran Sastro Aroyo. Dalam perkenalan para peserta menyatakan pentingnya kembali menghimpun para penghayat kepercayaan warisan nenek moyang. Diungkapkan juga bahwa, apapun nama organisasi yang akan diresmikan nanti, hal itu tetap akan merupakan bagian atau kelanjutan perjalanan historis HPK, yang telah berdiri sejak 1945 [?], dan telah memberikan banyak sumbangan dalam perjalanan NKRI. Juga ditekankan pentingnya untuk Bp. Bakrin Boediyono untuk tetap memimpin jalannya panitya persiapan organisasi.

Beberapa kesepakatan penting dari pertemuan mencakup,

1. Membentuk organisasi yang sementara akan bernama Himpunan Kepercayaan dan Adat Nusantara [HKAN]. Dalam kurun waktu satu tahun akan dilakukan pengkajian apakah ke depan akan terus menyandang nama HKAN atau HPK. Apapun yang akan dipilih sebagai nama organisasi tersebut, tetap akan merupakan kelanjutan dari HPK yang telah dilahirkan kembali. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi baru akan diambil dari AD/ART HPK, dengan beberapa penyesuaian jika diperlukan.

2. Membentuk panitya persiapan pendirian/peresmian yang terdiri dari

a. Ketua Umum : Bp. Bakrin Boedhiyono,
b. [Ketua] Pelaksana : Bp. Budiono Santoso dan Bp. Suhariono
c. Tim Sekretariat : Bp. Erwin Harimanu, Bp. RM Nanang Eko Pramono, Bp. Edward Sihite,
d. Bendahara : Ibu Sieniwati dan ibu Diah Patra

Catatan : Bila dianggap perlu panitya bisa ditambah/dilenglapi.

3. Pertemuan selanjutnya akan diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 2 April 2019 dengan agenda dan catatan sebagai berikut,

a. Peresmian HPAK,
b. Pembentukan pengurus [sementara],
c. Penyusunan rencana tindak lanjut satu tahun ke depan,
d. Pertemuan tersebut diperkirakan akan dihadiri oleh 30 orang dan diselenggarakan secara tertutup.

4. Panitya kecil ini akan mula melakukan konsolidasi dan mendorong pembentukan perwakilan sementara di berbagai kabupaten/kota.

Yogyakarta, 13 Februari 2019
Dr. Budiono Santoao
Ibu Sieniwati

Koresponden MM.com