Aspri Wapres Ke Madrasah

 

Lamongan – menaramadinah.com : H. Sholahuddin (Asisten Pribadi Wakil Presiden RI) memberikan motivasi dan ceramah pendidikan kepada puluhan siswa-siswi berprestasi dan seribu lima ratus walimurid di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Mazra’atul Ulum Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.


Sebelum acara ceramah didahului dengan doa bersama pembacaan Rotibul Haddad dan Sholawat Nabi. Dilanjutkan acara sambutan dari Wakil Ketua BP3MNU Mazra’atul Ulum Paciran, Drs. Ihsanuddin, M.Pd. lalu pemberian penghargaan siswa berpretasi di bidang akademik sebanyak 58 siswa, dan 20 siswa di bidang non-akademik. Diantaranya Juara I Lomba Tata Boga Nasional di Bandung diraih oleh Ria Saputri dan Eva Firnanda, keduanya siswi SMA Mazra’atul Ulum Paciran. Dan berbagai kejuaraan siswa bidang olah raga dan seni. Para siswa berprestasi naik panggung kehormatan bersama orang tuanya untuk menerima penghargaan dari sekolah.
Dalam ceramahnya, H. Sholahuddin memberikan motivasi dalam mencari ilmu dan berinovasi. Meski berangkat dari ekonomi keluarga yang kurang mampu. Dia mampu bersaing di kancah internasional dalam pengembangan pertanian jagung modern di bidang agribisnis. Bahkan saat ini dia dipercaya sebagai salah seorang Asisten Pribadi Wakil Presiden RI. Dia optimis dengan akses dari istana saat ini, kedepan dia akan mampu memajukan Kabupaten Lamongan. Pada era 4.0 saat ini, pendidikan moral dan karakter masih sangatlah urgen bagi siswa. Terlebih Kabupaten dengan peringkat jumlah santri terbanyak dan masuk dalam sembilan pondok pesantren terbesar di Jawa Timur. Ke depan harus dialokasikan dana khusus pendidikan untuk pesantren dan dibukanya Balai Latihan Kerja (BLK) untuk santri. Dia sangat mengapresiasi siswa yang juara dalam kompetisi bisnis plan. Dia memberi motivasi kepada para hadirin untuk terus berinovasi, misalnya yang telah dia kembangkan bertani jagung hibrida dengan penerapan bio teknologi dan nano teknologi sehingga menjadi kualiatas jagung yang unggul. Dia memproyeksikan kawasan Paciran sebagai penghasil kelapa dan kurma yang tidak akan kalah dengan produk luar negeri. Diakhir ceramahnya, dia memotivasi para siswa untuk tidak takut untuk bermimpi. Dengan mimpi itu para siswa bisa meraih masa depannya dari cita-citanya.
Pembicara selanjutnya yaitu KH. Salim Azhar, selaku Rais Syuriah PCNU Lamongan memberikan tausiyah tentang 4 kiat mencapai kesuksesan yaitu : keluarga harmonis, pendikan anak, lingkungan yang bagus, dan rezeki yang berasal dari daerah setempat. Acara kemudian ditutup dengan doa dari kyai yang juga sebagai pengajar agama di MA NU Mazra’atul Ulum Paciran itu.(*)
Citizen Journalis : Faried