Nikmatnya Es Dawet Telasih Bu Dermi Solo

Es Dawet Telasih Bu Dermi

Solo-menara madinah.com-Salah satu kuliner legendaris yang masih ada sampai saat ini ialah Es Dawet. Es Dawet Telasih Bu Dermi yang terletak di Pasar Gedhe Solo ini termasuk legendaris karena sudah ada sejak tahun 1930 sampai sekarang, kurang lebih sudah 89 tahun.

Es Dawet Telasih Bu Dermi ini diwariskan secara turun temurun yang berawal dari Hj.Samini sampai kemudian sekarang dijual oleh Mbah Uti. Dari awal dibuka pembeli yang datang tidak pernah sepi dan selalu memenuhi warung Es Dawet Telasih ini.

“Kami memakai telasih karena manfaatnya banyak, bisa untuk melancarkan BAB, menyembuhkan sariawan, dan meredakan radang tenggorokan. Kami juga memakai pewarna alami pada cendol dengan menggunakan daun suji dan tentunya baik untuk kesehatan”, ujar Mbah Uti selaku owner Es Dawet Telasih Bu Dermi.

Tidak hanya dari kalangan masyarakat kelas bawah saja, tetapi banyak juga pejabat atau tokoh publik, salah satunya adalah keluarga dari Bapak Joko Widodo yang juga ikut menikmati Es Dawet Talasi Bu Dermi.

Betari Pelangi Adiniry

Wartawan MM.com