Mada Mahfud: Menyerahkan Buku Suku Lime di Perpustakaan Kedaton Jakarta1

 

Jakarta-menaramadinah.com-Menyerahkan Buku Kerajaan Suku Lime (Jejak Raden Fatah di Sumatera Selatan) ke Perpustakaan Kedaton Jakarta. Kedaton Jakarta didirikan mantan Manager Taman Mini Indonesia Indah (TMII) YM PNA Masud Thoyib JA. Letaknya di Pondok Gede, samping Lubang Buaya, Jakarta Timur. Orang sekitar lebih mengenal kawasan ini sebagai tempat praktik Ki Joko Bodo. Ya, Ki Joko Bodo, mantan paranormal ini, dulu pernah menyewa dan mendirikan bangunan kayu di samping kanan Kedaton Jakarta.

Di Kedaton Jakarta yang merupakan rumah kayu kuno setinggi 5 lantai, terdapat ribuan judul buku sejarah, budaya dan seni dari penulis dalam dan luar negeri. PNA Masud Thoyib ternasuk tokoh sejarah, seni dan budaya yang gemar membaca dan mengoleksi buku. Ia rutin mampir ke toko buku dan rela mengeluarkaan dana yang tak sedikit untuk membeli buku ketika singgah ke berbagai daerah atau berbagai negara.

Bagi yang ingin memperdalam wawasan dan ilmu mengenai seni budaya warisan leluhur Nusantara, silakan mampir ke perpustakaan Kedaton Jakarta. Membaca buku di sini, akan memperoleh kesan yang beda: sunyi dan agak seram, mengesankan penuh makhluk-makhluk astral. Dari pucuk bangunan ini, sambil membaca buku kita bisa melemparkan pandangan, menyisir kawasan Lubang Buaya, menambah nuansa mistik.

Kedaton Jakarta juga rutin menggelar acara seni budaya. Berbagai benda seni budaya termasuk keris dan foto-foto para raja dan tokoh Nusantara memenuhi pojok dan dinding Kedaton Jakarta. Husnu Mufid