Jejak Dakwah Sayyid Arfiyah di Bumi Anjuk Ladang

Nganjuk.menaramadinah.com,Menjelang Hari Santri Nasional 2019,Bro J bersama Ustadz T.Santoso Al-Jawie ,pegiat ziarah dan napak tilas,berziarah ke Makam Sayyid Arfiyah di daerah Mojoduwur,Ngetos,Nganjuk.


Setibanya dilokasi maqbaroh Sayyid Arfiyah yang terawat dengan baik,bersih dan nyaman ,kami berjumpa beberapa santri Ponpes Al-Arfiyah yang sedang kerja bakti.Mereka dengan ramah menyapa kami,”monggo mas silahkan ziarah dan tawassul disini!”.


Data yang berhasil dihimpun MM.Com Biro Nganjuk menyatakan nama lengkap menantu dari Kyai Raden Mas Muhammad Santri (Tumenggung Alap-alap) tersebut adalah Sayyid Arfiyah Awwal bin Sayyid Jumali bin Sayyid Abdurrahman Pangeran Sambudigdo Hadiningrat Lasem atau dikenal dengan Mbah Sambu. Sedangkan Tumenggung Alap-alap adalah menantu dari Kyai Ageng Bagus Harun Basyariyah dari Ponpes Sewulan,Dagangan,Madiun.Disitulah Sayyid Arfiyah belajar ilmu-ilmu agama atau mondok .
Didalam lokasi maqbaroh Sayyid Arfiyah terdapat juga makam lain yaitu maqbaroh dari Kyai Muhammad Arfiyah 2 dan Kyai Ahmad Zaini yang terkenal memiliki ilmu Asmaul Haq.
Sayyid Arfiyah hidup pada abad 18 hingga awal abad 19 .Beliau adalah seorang alim kharismatik yang punya relasi harmonis dengan Kyai Raden Tumenggung Sosro Kusumo I atau Kanjeng Jimat,Bupati pertama Berbek yang merupakan cikal-bakal Kabupaten Nganjuk saat ini.
Karena adanya suatu konflik ,Sayyid Arfiyah hijrah dari Sewulan dan berdomisili di Mojoduwur ,setelah sebelumnya tinggal di Dukuh Ngledok,wilayah Kuncir.
Di Mojoduwur ,Sayyid Arfiyyah dengan murid-muridnya membuka lahan baru untuk tempat tinggal mereka,mendirikan masjid tahun 1726 dan membangun sebuah pondok pesantren sebagai tempat mengajarkan dan mengembangkan Islam. Pondok yang beliau dirikan dengan santri-santrinya masih eksis sampai sekarang ini dengan nama Ponpes Al-Arfiyyah yang memiliki banyak santri dari berbagai daerah.Manfaat dari pondok pesantren yang dirintis Sayyid Arfiyyah sangatlah besar.Syiar dakwah Islam di Mojoduwur khususnya dan diNganjuk umumnya berkembang pesat.
Sepeninggal Sayyid Arfiyyah bermunculan pondok-pondok lainnya didaerah Nganjuk seperti di Poleng,Sekarputih dan Prambon yang punya hubungan erat dengan Sayyid Arfiyyah dan ponpes yang beliau dirikan.
Bro J,menaramadinah.com.