Maqbaroh Dan Sejarah Kyai Langgeng ( Penasehat Spiritual Pangeran Diponegoro)

Menara Madinah.Com,Magelang mempunyai tidak sedikit tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ,baik itu wisata alam,budaya,sejarah dan religi.Diantaranya adalah Taman Kyai Langgeng di Jalan Cempaka No.6 Magelang,Jawa Tengah.


Di balik destinasi wisata yang menawan tersebut ada sesuatu istimewa didalamnya yaitu adanya makam seorang tokoh ulama dan pejuang yang dekat dengan Pangeran Diponegoro .Ia adalah Ki Ageng Suryo Kusumo atau dikenal sebagai Kyai Langgeng.
Ki Ageng Suryo Kusumo menjadi penasehat spiritual Pangeran Diponegoro.Hal itu berarti beliau menjadi tempat bertanya dan partner diskusi Pangeran Diponegoro dalam hubungannya dengan hal-hal yang bersifat spiritual pada masa perjuangan melawan kolonial Belanda dalam Perang Jawa kurun waktu tahun 1825-1830.
Melihat trahnya,Kyai Langgeng adalah seorang berdarah bangsawan karena ia merupakan keturunan Sultan Hamengkubuwono II dari Keraton Yogyakarta.
Pasca penangkapan Pangeran Diponegoro oleh Pasukan Belanda,Kyai Langgeng bersama para pengikutnya sempat menyingkir untuk sementara waktu,lalu kembali ke Magelang .Selama menetap di Magelang,beliau dan para pengikutnya dengan gigih dan pantang menyerah terus mengobarkan perlawanan terhadap penjajah Belanda.
Sebagai seorang ulama yang mengemban tugas berdakwah,Kyai Langgeng sempat merintis sebuah pondok pesantren di Magelang dan mempunyai sejumlah santri.
Makam sang ulama dan rekan perjuangan Pangeran Diponegoro sering didatangi pengunjung dari dalam kota,luar kota,bahkan juga dari luar provinsi dengan tujuan ziarah dan ngalap berkah.
#SarkubAdventurer#Jelajah Wisata Religi
Narasumber: Sarkub A.Witono,Bro-J 16102020.