Islam dan Tranformasi Sosial

Oleh : Hamdani Lubis.

Islam lahir untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. orang yang beragama islam dan menjalani syariat islam harus menjadi penyejuk dan member kebahagian kepada seluruh alam. karena itulah, islam tidak netral dan islam tidak memihak. Islam menjunjung tinggi kemanusia, dan humanistic, sehingga peran islam harus memberikan transformasi social kepada masyarakat.
Islam dna transformasi social menjadi kata kunci dalam menjalani advokasi dan pemdapingan kepad amasyarakat dalam rangka mewujudkan peradaban islam. Metode dan pendekatan PAR sesungguhnya menjalankan perintah islam dalam rangka merealisasikan islam rahmatan Lil Alamin dengan pendekatan Parcipatory Action Reaseach (PAR).
Banyak sekali ayat Al-quran dan hadist Nabi Saw yang berkaitan dengan transformasi social dan keberpihakan islam kepada kaum dhuafa dan tertindas. Bahkan ayat tersebut menganjurkan seorang muslim untuk saling tolong menolong dan pemberi kebebasan kepada orang-orang yang terdholimi, sehingga sifat kemanusiaan dan sifat kemerdekaan dalam tindakan social terwujud.