Bahagianya Sholat Idhul Fitri di Gang IV RT09/RW03 Jemurwonosari Wonocolo Surabaya

Warga di Jalan Kampung RT09/RW03 Gang 4 Jemurwonosari Lebar Wonocolo Surabaya menggelar Sholat Idhul Fitri 1442 H/ 2021 M. Mereka merasa sangat bahagia.  Berikut ini laporan Husnu Mufid Pemred menaramadinah.com :

Pagi-pagi warga Rt09 / Rw03 menggelar tikar di tengah jalan bukan untuk untuk mengadakan rapat atau kerja bhakti, melainkan menjalankan Sholat Idhul Fitri. Lokasinya persis didepan rumah Kiai Makruf. Memanjang ke arah barat dan timur.

Sholat Idhul Fitri sebagai khotib Khotbah adalah Kiai Makruf Asrori, bos Penerbit Buku Khalista dengan judul : Hakekat Kembali Kepada Fitrah.

Dalam khutbahnya beliau menjelaskan Idhul Fitri merupakan kekayaan spiritual yang tak ternilai harganya dalam kehidupannya. Karena dalam bulan ramadan dapat menjalankan ibadah puasa penuh rahmat dari Allah SWT.

Dengan kemenangan berjihad melawan hawa nafsu selama ramadan, bukan hanya mendapatkan surga. Juga mendapatkan tempat sejahtera bersama manusia lain dibumi ini.

Usai khotbah Idhul Fitri 1442 H/2021 M, berakhir pula rangkaian sholat Idhul Fitri. Dilanjutkan bersalam salaman antara perserta sholat Idhul Fitri dan Kiai Makruf. Suasana nampak gembira ria.

Bagi warga sekitar yang bisa ikut sholat Id merasa nikmat dan bahagia. Karena  bisa menjalank sholat Idhul Fitri. Meski di jalan kampung. Tanpa AC dan cukup menggelar tikar dan sajadah.

Hal tersebut terlihat, nampak wajah berseriseri, baik jamaah perempuan maupun laki-laki. Mereka merasa bahagia usai menjalankan Sholat Idhul Fitri 1442 H. Imun jadi meningkat. Badan jadi sehat.

“Saya bahagia bisa sholat Idhul Fitri 1442 H disini bersama warga Rt09/Rw03. Ini merupakan yang ke dua kalinya,”ujar Mas Afif warga Rt03/Rw09.

Usai sholat Idhul Fitri seluruh   Jam’iyyahnya  Al-Islah (para bapak-bapak 4 RT) dan Miftahul Jannah (para ibu-ibu 2 RT). Sedang rumah saya adalah di RT. 09, RW. 03.

saling  bersalam salaman. Kemudian diadakan makan bersama di rumah Kiai Makruf yang merupakan inspirator sholat Idhul Fitri di depan rumahnya.

Para jamaah makan dengan lahab. Nasi urap urap dengan minuman moka. Mereka benar benar menikmati suasaba Idhul Fitri.

Sementara KH. Dr. Syukron, M.PdI Ketua MUI Surabaya mengatakan, tidak masalah Kiai Makruf Asrori bersama warga RT02/RW09 mengadakan Sholat Idhul Fitri. Itu sesuai keputusan rapat Forkopinda dan Walikota  Surabaya Erik. Bisa dilakukan di Jalan Kampung dan Mushollah. Buse tidak terkonsentrasi di masjid.

Husnu Mufid