Silaturrahim NU Sedunia 25 Juli 2020

 

PCINU Arab Saudi (Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Arab Saudi) yang didukung PCINU Sedunia dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, menggelar Silaturahmi Nahdiyyin.

SILATURAHIM NU SE-DUNIA KE-29 dengan thema

“Penguatan Ukhuwah An Nahdliyah ditengah Covid-19 dan Ancaman Disintegrasi Bangsa Menuju Perdamaian Dunia”

Agenda Silaturahmi Nahdiyyin sedunia ke-19 ini digelar secara virtual, pada Sabtu, 25 Juli 2020, jam 20.00-23.00 WIB, atau 16.00-19.00 Waktu Arab Saudi.

Rencananya, agenda ini akan dibuka oleh Ketua Umum PBNU, Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, MA dan Sekjen PBNU, Dr. H. Ahmad Helmy Faishal Zaini, ST (Sekretaris Jenderal PBNU).

Selain itu, beberapa pejabat publik juga tampil pada agenda ini: Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi M.Si (Wakil Menteri Agama RI), Dr. Hj. Ida Fauziyah M.Si (Menteri Ketenagakerjaan RI), Drs. H. Agus Maftuh Abegebriel, M.Ag (Duta Besar RI di Arab Saudi) dan KH @Imron Masyhudi (Ketua PCI NU Arab Saudi).

Tema silaturrahim kali ini yakni “Penguatan Ukhuwah An Nahdliyah ditengah Covid-19 dan Ancaman Disintegrasi Bangsa Menuju Perdamaian Dunia”. Tema ini diambil sbg respon atas kondisi pandemi global, juga mencari solusi untuk solidaritas dan perdamaian internasional.

Menurut Ketua PCINU Arab Saudi, KH. Imron Masyhudi, agenda silaturahmi Nahdliyyin tahun ini menjadi pertemuan rutin, yang istiqomah diselenggarakan, meski pandemi melanda.

“Semua yg terjadi beberapa bulan terakhir ini, semata adalah kuasa dan kehendak Allah SWT. Tak bisa kita hindari. Harus kita hadapi dan lalui. Pandemi Covid 19 tidak boleh menafikkan agenda rutin tahunan yg diselenggarakan bersamaan dengan musim haji,” ungkapnya.

“Dengan memegang prinsip Al Muhafadlotu ‘ala al qadiim ash sholih wa al akhdlu bi al jadiid al aslah, agenda tahunan Silaturrahim NU ke-19 se Dunia pada tahun 2020 Miladiyah bertepatan dgn musim haji tahun 1441 Hijriyah tetap digelar PCI Nahdlatul Ulama (NU) Arab Saudi secara daring (online),” jelas Kiai Imron Masyhudi.

Selain silaturahmi online, juga diselenggarakan webinar dgn tema “Peran Pekerja Migran Indonesia (PMI) Sebagai Duta Diplomasi Bangsa” dan juga sesi Pemberdayaan PCI NU di Seluruh Dunia.

Agenda ini akan diselenggarakan melalui kanal Youtube dan Facebook PCINU Arab Saudi. Kegiatan Silaturahmi Nahdiyyin ini didukung oleh GP Ansor Arab Saudi, Banser Arab Saudi, Muslimat NU Arab Saudi, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan PCI Nahdlatul Ulama sedunia.

Rekso Amukti