Santunan Anak Yatim Piatu Takmir Masjid Al-Karim

Lumajang-menaramadinah.com Bertepatan dengan malam sepuluh Bulan Muharram (10 Muharram) Takmir Masjid Al-Karim Dusun Krajan Desa Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang menyelenggarakan.

Santunan Anak Yatim Piatu yang dilaksanakan tanggal 09 September 2019 jam 18.00 WIB hingga selesai. Kegiatan ini dihadiri oleh 80-an donatur baik bapak atau ibu dilingkungan Desa Yosowilangun Kidul dan Takmir Masjid Al-Karim.
Acara ini di awali dengan sholat Magrib berjamaah yang dilanjutkan dengan Tausyiah yang disampaikan langsung oleh K.H. Qomary Syam yang merupakan Penasehat Takmir Masjid sekaligus Dewan Syuro NU Kecamatan Yosowilangun. Dalam tausyiahnya beliau menyampaikan untuk memperbanyak amalan dibulan Muharram, Pertama Puasa Asyuro yaitu puasa yang dilakukan pada tanggal 10 Muharrom karena memiliki keutamaan dapat menggugurkan dosa setahun yang lalu. Kedua, ummat muslim dianjurkan untuk memperbanyak shodaqoh, utamanya menyantuni anak yatim pada 10 Muharram sebagaimana beliau mengutip sebuah hadis dalam kitab Tanbihul Ghafilin “Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, di hari Asyuro’ (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya dengan setiap helai rambut yang di usap satu derajat.” Ketiga, Makan Enak (tidak seperti hari-hari biasanya) bersama keluarga dimana pada tanggal tersebut Nabi Muhammad SAW menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim tetapi juga keluarganya, disisi lain memiliki keutamaan akan menambah rejeki untuk keluarga tersebut di tahun-tahun berikutnya.
Salah satu Takmir Masjid Ustad Abdul Ghofur menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat dijadikan momentum sarana berbagi rezeki pada anak yatim agar mereka bergembira bersama dan menegaskan bahwa mereka tidak sendirian tetapi masih banyak orang yang peduli akan kehidupannya.
Afandi_Jurnalis Citizen MM.com