Malam Ini di Hari Santri PCNU Surabaya Menggelar Drama Kolosal di Tugu Pahlawan

Surabaya, menaramadinah.com- Menyambut Hari Santri Nasional (HSN)-Acara puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN), PCNU Surabaya Malam nanti Selasa, 22 Oktober 2024menggelar  drama kolosal perjuangan santri saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Surabaya.

Ketua  PCNU Surabaya Masduki Thoha,  menghimbau dan mengajak jamiyah NU  untuk datang meramaikan Hajatan Nusantara di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Lebih lanjut Ketua PCNU Surabaya, Masduki Toha mengatakan, hal ini merupakan puncak peringatan Hari Santri Nasional 2024 akan dilaksanakan pada Selasa 22 Oktober 2024 mulai pukul 19.00 WIB nanti malam.

Tapi sebelum Drama Kolosal dibuka terlebih dahulu diadakan  Istighosah Akbar, Tahlil Kubro, ada pembacaan Sholawat, dan pembacaan riwayat para pahlawan.

Drama Kolosal itu dimainkan   oleh  komunitas Surabaya Juang pimpinan Heri Lentho.  Menggambarkan bagaimana resolusi jihad fisabilillah itu terjadi di Surabaya.

Dari  drama kolosal ini menunjukkan jukkan fakta sejarah  bahwa kiai dan santri menjadi salah satu pelaku sejarah. Oleh karena itu, fakta tersebut perlu  diberitahukan  ke masyarakat umum dan Jamiyah Nahdlatul Ulamam

Oleh karena itu,  warga NU Kota Surabaya khususnya, dan umumnya seluruh warga Kota Surabaya untuk hadir  menyaksikan drama kolosal ini agar betul-betul mengetahui persis sejarah pelaksanaan  resolusi jihad itu.

Husnu Mufid