1 MUHARAM = 1 SURO

Marilah kita sejenak menengok kebelakang beberapa ratus tahun yang lalu tepatnya tahun 1555 SAKA atau tahun 1633 MASEHI dimana pada saat itu tahun baru orang JAWA 1-SURO SAKA bertepatan dengan 1-MUHARAM tahun HIJRAH.

Kesempatan itu dipakai SULTAN AGUNG HANYOKRO KUSUMO untuk menghapus KALENDER JAWA tahun SAKA dan diganti dengan KALENDER ARAB tahun HIJRAH.

SULTAN AGUNG HANYOKRO KUSUMO adalah Sultan ke-3 Kesultanan Mataram yang memerintah pada tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang pesat menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu.

Tindakan yang sangat revolusioner itu dilakukan dalam upayanya mengislamkan orang JAWA.
Akibat dihapusnya KALENDER JAWA tahun SAKA maka setiap kali orang JAWA memperingati TAHUN BARU 1-SURO kenyataannya yang diperingati justru 1-MUHARAM tahun HIJRAH, walaupun kadang beda / selisih satu hari.

Alhamdulillah di tahun 2019 ini 1 Muharam dan 1 Suro jatuh pada tanggal yang sama yaitu 1 September 2019 di tahun masehi, dalam perhitungan kalender Jawa 1 September 2019 jatuh pada hari Minggu Wage 1 Suro tahun Wawu 1953.

Yang merasa sebagai orang Jawa berbanggalah karena peringatan tahun barunya sama dengan peringatan tahun baru Islam. 1 SURO = 1 MUHARAM.

Totok Budiantoro

Koresponden MM.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *