Mutiara Hikmah Nasehat Luqman Hakim

Oleh : Saefullah Azhari & Yahya Aziz Prodi PBA FTK UINSA

Dalam Al-Qur’an disebutkan beberapa nama, ada nama nabi seperti Adam,Nuh, Idris, Musa & Muhammad. Ada juga yang memusuhi Nabi seperti Iblis, Fir’aun dan Abu Lahab. Ada keluarga dari Nabi seperti Maryam, dan Imron. Ada juga mereka yang bukan nabi, bukan musuh maupun keluarga tapi namanya diabadikan dalam Al-Qur’an yaitu: Ashabul Kahfi, Dzulqornain dan Luqman Hakim.

Penelitian buku ini membicarakan tokoh yang disebut terakhir yaitu Luqman Al-Hakim.

Judul asli buku ini adalah “LUQMAN AL-HAKIM WAHIKAMU” (Luqman Hakim Kisah & Petuah Bijaknya) karya seorang ulama besar sufi Alhabib Ali bin Hasan bin Abdillah bin Hasan bin Umar Alathos Al-Alawi Alhadromi.
Terjadi perdebatan siapa sebenarnya Luqman Al-Hakim itu ? dipercaya Luqman adalah seorang pria berkulit hitam asal Afrika. Ada yang berpendapat dia pernah jadi budak dan ada yang berpendapat bukan seorang budak. Tetapi mereka sepakat dia orang sholeh yang menasehati anaknya. Beberapa nasehatnya diabadikan dalam Al-Qur’an. Nasehat yang disampaikan tokoh yang hidup pada masa nabi Dawud ini menjadi seperti kata kata mutiara yang kemudian disebut hikmah (kebijaksanaan).
Isi buku ini ada 5 bagian terdiri dari:
1.Pendahuluan hal 3.
2.Kebijaksanaan Luqman Hakim hal 15
3.Peringatan Luqman Hakim hal 21
4.Wasiat Luqman Hakim Dalam Al-Qur’an hal 25
5.Faidah Wasiat Luqman Hakim hal 31
6.Kata mutiara Luqman Hakim hal 37
7.Penutup hal 77

MUTIARA HIKMAH LUQMAN AL-HAKIM

3 Kata mutiara hikmah Luqman Hakim
Jika Anda ingin tahu wasiat Luqman Hakim bukalah Al-Qur’an ada surat khusus namanya surat Luqman Hakim.
Ada 96 mutiara hikmah Luqman Al-Hakim dalam buku ini, namun dalam penelitian ini kami cukup menulis 3 saja sebagai bekal kehidupan masa kini, diantaranya adalah :
1.”Ya bunayya bi’ biakhirotika dunyaka tarjamuha jamian”

Wahai anakku juallah dunia mu dengan akhirat mu niscaya akan beruntung (memperoleh laba) dunia akhirat semuanya.

2.”Ya bunayya la tadkhulu fiddu ya dukhulan yadlurru biakhirotika wala tatrukuha Hatta takuuna kalla alannasi”

Wahai anakku jangan hadir dengan kehadiran yang membahayakan (merugikan akhirat mu) dan jangan meninggalkan dunia sehingga engkau menjadi beban orang orang”

3.”Ya bunayya kama tanamu fakadzalika tamutu wakama tastaikidzu fakadzalika tubasu fa’mal amalan sholihan tanam tastaikidzu kalaruusi wala ta’mal suuan fatanamu watastaiqidzu maruban kalmajromi alladzi yathlubuhu Sulthon lisufika damuhu”

Wahai anakku sebagaimana kau tidur begitu juga kau mati, sebagaimana kau bangun begitu juga kau dibangkitkan. Oleh karena itu lakukan lah amal saleh maka engkau tidur dan bangun seperti pengantin. Dan jangan berbuat keburukan maka kau tidur kau bangun seperti keadaan takut seperti orang berbuat kesalahan yang dicari oleh hakim (penguasa hukum) untuk dihukum mati.

Inilah 3 nasehat spritual dari 96 mutiara hikmah Luqman hakim, semoga 3 hal ini menjadi bekal kehidupan sehari-hari kita menuju akhirat….
Barakallah…. semoga bermanfaat…!