Pengenalan Huruf Metode Bermain Kartu Huruf Anak Usia Dini

Oleh : Saefullah Azhari, Yahya Aziz, Nasrul Fuad & Ziyana Nova A, PIAUD FTK UINSA.

Pengenalan Huruf Abjad Melalui Metode Bermain Kartu Huruf pada Anak Usia Dini di KB Dharma Wanita Kota Blitar.
Judul di atas adalah riset penelitian kolektif Saefullah Azhari, Yahya Aziz, Nasrul Fuad E & Ziyana Nova A tentang pendidikan dasar kepiaudan di FTK Uinsa

Latar belakang peneliti mengambil judul penelitian ini : “Pengenalan Huruf Abjad Melalui Metode Bermain Kartu Huruf pada Anak Usia Dini di KB Dharma Wanita Kota Blitar” adalah untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang metode pengenalan huruf abjad pada anak usia yang digunakan di KB Dharma Wanita Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain dalam pengenalan huruf abjad pada anak usia dini di KB Dharma Wanita Kota Blitar dan apa saya faktor pendukung dan penghambat dalam pengenalan huruf abjad pada anak usia dini melalui metode bermain kartu huruf.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melaksanakan observasi di lapangan dan berinteraksi dengan narasumber secara langsung, dengan tujuan mendapatkan informasi yang akurat tentang bagaimana penerapan metode metode bermain dalam pengenalan huruf abjad pada anak usia dini di KB Dharma Wanita Kota Blitar. Adapun sasaran dalam riset penelitian ini adalah peserta didik dan guru di KB Dharma Wanita Kota Blitar.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan metode bermain dalam pengenalan huruf abjad pada anak usia dini meliputi empat indikator. Adapaun faktor pendukung dan penghambat dalam penelitian ini leiputi beberapa faktor yang berasal dari luar peserta didik dan dari dalam diri peserta didik itu sendiri.
Barakallah…Semoga bermanfaat !