Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswanya, FIB UNEJ Teken Kerjasama dengan DPM-PTSP Jember

 

Jember, 21 Juni 2024 – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember (Unej) mengadakan acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Workshop Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia dalam Pengurusan Legalitas Usaha melalui Platform OSS Online. (21/06.2023 di Aula Sutan Takdir Alisjahbana FIB UNEJ dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerja Sama antara FIB UNEJ dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap (DPM-PTSP) Kabupaten Jember.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sukarno, M., Litt. menyatakan pentingnya memberikan keterampilan pengurusan legalitas usaha kepada mahasiswa. “Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan fasilitas OSS Online yang dapat dipergunakan untuk pengurusan legalitas usaha dasar, seperti memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB). Kita perlu memberi keterampilan pengurusan legalitas usaha, mulai yang paling dasar. Selain itu, kegiatan ini diharapkan membentuk mental taat aturan pada mahasiswa FIB,” ujarnya.

Sementara itu, Tita Fajar A., S.H., M.M., Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap, juga memberikan pernyataan mengenai sinergi ini. “Kami memang memiliki program sosialisasi kepada masyarakat. Jadi, kebetulan sekali ada ajakan bersinergi dari FIB Unej ini,” katanya.

Workshop dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengoperasian Platform OSS Online yang dipandu oleh Staf DPM-PTSP Kabupaten Jember, Agung Yuli Nugroho, S.Si. Dalam sesi ini, para peserta diajarkan langkah-langkah praktis untuk mendaftar dan mengurus NIB melalui platform OSS Online.

Di waktu yang sama, Kaprodi Sastra Indonesia UNEJ, Didik Suharijadi, menyoroti pentingnya legalitas usaha bagi mahasiswa yang berwirausaha. “Banyak mahasiswa kami yang telah memiliki usaha, tetapi belum memiliki NIB dan NPWP. Padahal untuk menjadi wirausahawan, selain perlu kemampuan enterpreneurship, juga perlu kerendahan hati untuk taat pada peraturan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, kegiatan Workshop dihadiri oleh 20 mahasiswa yang sudah KKN, 30 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, dan 30 alumni yang baru lulus. Kegiatan ini juga boleh diikuti oleh Mahasiswa Prodi lain di lingkungan FIB karena kegiatan ini sejalan dengan kebijakan MBKM BKP Kewirausahaan.

“Acara yang berlangsung hingga pukul 15:00 WIB ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pengurusan legalitas usaha, serta mendukung mereka menjadi wirausahawan yang taat aturan dan berdaya saing.” Tutupnya.

Hadir dalam acara ini, Dekan FIB Unej, Prof. Dr. Sukarno, M., Litt., Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap, Tita Fajar A., S.H., M.M., serta Kaprodi Sastra Indonesia Unej, Didik Suharijadi. (is)