H. Sujaya Tumenggung Wali Nagari Indramayu Kraton Kerajaan Caruban Nagari Terima Anugerah Tokoh Pengobatan Tradisi Budaya Nusantara 2024

 

Indramayu. 11/6/ 2024 Ki Bagus H. Sujaya,
S. Pd. Gr. Tumenggung Wali Nagari Indramayu Kraton Kerajaan Caruban Nagari Trah Padjadjaran akan menerima Anugerah Tokoh Pengobatan Tradisi Budaya Nusantara 2024 yang akan dilaksanakan di Aula Pendopo Pemerintah Daerah Sidoarjo Jawa Timur yang dihadiri dan disaksikan oleh para Raja dan Sultan Kraton se-Nusantara di mana terdaftar sudah ada kesiapan ada lebih dari 30 Raja dan Sultan pemangku tahta Kraton di Nusantara.

Acara ini dikemas dalam event budaya tahunan yang ke-2 kalinya di tahun 2024. Agendanya dengan menggandeng para Raja dan Sultan Nusantara, Bupati Sidoarjo, Yayasan Chakra Yudha Indonesia, para tokoh tradisi budaya Nusantara.

Beberapa agenda budaya akan digelar pada hari Kamis tanggal 20 Juni 2024 dalam menyambut bulan Suro memeriahkan acara ini seperti kirab budaya Kraton Nusantara, pameran seni budaya benda-benda pusaka berupa keris, tombak dan golok , pameran batu akik dan mustika alam, atraksi budaya seperti debus, tarian budaya Nusantara dan beberapa atraksi budaya Kraton Nusantara dari masing-masing Kerajaan dan Kesultanan yang bertempat di Desa Sadang Taman Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Sementara agenda penganugerahan dan penerimaan tali kasih dari Maharaja Kutai Mulawarman dilaksanakan setelah jamuan makan malam di Pendopo Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Ada lima orang yang menerima Anugerah budaya Nusantara diantaranya Ki Bagus Tumenggung Wali Nagari Indramayu sebagai Tokoh Pengobatan Tradisi Budaya Nusantara 2024.

Menurut Ketua Dewan Kehormatan acara Penganugerahan Karunia kasih dan penghargaan Budaya Nusantara, YDP Dewan Wali Diraja Nusantara DYAM Dr. (HC.) S. B. R. M. Aziz Hidayatullah, SE. M. M. sebagai Pejabat Sri Raja Duta Kerajaan Kutai Mulawarman saat dihubungi media mengatakan bahwa agenda acara ini digelar dalam rangka menyambut bulan Suro dan menjaga kestabilan ketahanan ekonomi dan budaya yang dihadiri YDPA Diraja Nusantara dan para bangsawan serta menggelar acara budaya berupa pawai budaya dan pameran budaya di Desa Sadang Taman Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, atraksi seni budaya dan penganugerahan Tokoh Budaya Nusantara 2024 yang digelar setelah jamuan makan malam di Pendopo Bupati Sidoarjo.

Sedangkan Ki Bagus H. Sujaya sendiri saat diwawancarai media mengatakan, ” Saya sangat terkesan dan bangga mendapatkan Anugerah Penghargaan ini di hadapan para Raja dan Sultan yang mulia. Ini merupakan apresiasi luar biasa atas dedikasi saya selama ini dalam merawat tradisi pengobatan budaya Kraton Nusantara dan menjaga marwah sebagai Tumenggung Wali Nagari Indramayu Timur sebagai amanat dari Kraton Pakungwati Kerajaan Caruban Nagari Trah Padjadjaran Cirebon. “