Konkercab III PGRI Buduran Bangkitkan Semangat Guru untuk Pendidikan Indonesia Maju

SIDOARJO – Konkercab (Konferensi Kerja Cabang) III PGRI Buduran sukses digelar di SDN Pagerwojo, Rabu (29/5/2024). Mengusung tema : “Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan Indonesia Kuat, Indonesia Maju”.

Dibuka oleh Sekretaris PGRI Kabupaten Sidoarjo, Drs. Kadaryono, M.Pd mewakili Ketua PGRI Kabupaten Sidoarjo. Ditutup oleh Ketua PGRI Cabang Buduran, Drs. M. Khadid Priyanto.

Ketua panitia Konkercab III PGRI Buduran, Suyatno, S.Pd melaporkan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh 95 orang guru pengurus kabupaten, cabang dan ranting, serta undangan khusus para kepala SD dan MI. Adapun Ketua PGRI Cabang Buduran, Drs. M. Khadid Priyanto sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya konkercab III.

Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Buduran, Dra. Idha Rukiyatimah, M.Pd mengatakan, dengan terselenggarakan konkercab tersebut bisa diambil 2 manfaat: (1) seagai ajang silaturrahim antarguru-guru se-Kecamatan Buduran; dan (2) sebagai sarana refleksi tentang fungsi dan tujuan PGRI.

“Marilah kita tingkatkan profesionalitas guru, dengan menguasai 4 kompetensi: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Karena itu, saya mendorong terus kepada para guru, untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran,”katanya.

Sekretaris PGRI Kabupaten Sidoarjo, Drs. Kadaryono, M.Pd dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan, dengan terwujudnya Konkercab III PGRI Buduran ini membuktikan bahwa para pengurusnya kompak dan bisa bekerjasama dengan baik, serta bekerja dengan tepat waktu.

“Saya berpesan khusus kepada para pengurus PGRI dan peserta konkercab yang hadir bahwa dalam kegiatan ini minimal ada 3 hal yang harus dibahas. Yakni: (1) laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program selama 1 tahun; (2) laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan selama 1 tahun; dan (3) menyusun program untuk jangka waktu 1 tahun mendatang,”katanya.

Setelah acara pembukaan, memasuki Rapat Paripurna I membahas pengesahan jadwal, pengesahan tata tertib, laporan kegiatan pengurus, dan penjelasan tentang sidang komisi.

Peserta konkercab dibagi menjadi 5 komisi. Komisi A: Bidang Organisasi dan Kaderisasi; Bidang Komunikasi dan Informasi, Bidang Hubungan Luar Negeri. Komisi B: Bidang Kerjasama dan Pengembangan Usaha; Bidang Kesejahteraan dan Ketenagakerjaan; Bidang Pemberdayaan Perempuan, Bidang Olahraga, Seni, dan Budaya.

Komisi C: Bidang Penegakan Kode Etik, Advokasi, Bantuan Hukum, dan Perlindungan; Bidang Kerohanian dan Karakter Bangsa; Bidang Pengembangan Pendidikan Khusus dan Nonformal. Komisi D: Bidang Pengembangan Profesi; Bidang Pengembangan Karir; Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat; Bidang Pembinaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan. Komisi E: Bidang Keuangan, Bidang Kesekretariatan.

Laporan hasil sidang komisi oleh masing-masing ketua komisi dilakukan dalam Rapat Panipurna II. Selanjutnya ditetapkan sebagai program PGRI Cabang Buduran Masa Bakti XIII Tahun 2024 untuk kurun waktu 1 tahun mendatang (Maret 2024 sampai Februari 2025).
(Koesmoko, pengurus PGRI Cabang Buduran)