Ketika Dosen S2 Pendidikan Dasar FKIP Universitas Jember Menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru-guru MGMP Mata Pelajaran Fisika Di Kabupaten Jember di Tahun 2022-,2023

Para Dosen S2 Pendidikan Dasar FKIP Universitas Jember Menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru-guru MGMP Mata Pelajaran Fisika Di Kabupaten Jember 23 September  2022  tahun lalu. Seperti apakah kegiatannya. Berikut ini laporan Pemred menaramadinah.com Drs. Husnu Mufid. M.PdI :

Di era globalisasi, peran guru sebagai agen pembelajaran dan katalisator kemajuan pendidikan semakin penting. Salah satu indikator kemajuan pendidikan adalah kemampuan guru dalam menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah bereputasi.

Hal ini menjadi landasan penting dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan.

Memahami pentingnya hal tersebut, Mahasiswa Magister Pendidikan Dasar (Pendas) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember melaksanakan kegiatan bersama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika di Kabupaten Jember menyelenggarakan pelatihan penulisan publikasi karya ilmiah bagi para guru Fisika yang bertempat di SMA Negeri 1 Jember.

Tanggal pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 22 september sampai dengan 23 september 2022 tahun.

Dalam proses kegiatan ini diikuti 42 guru guru-guru MGMP mata pelajaran fisika di kabupaten Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan dalam penulisan dan publikasi artikel ilmiah bagi guru.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berjumlah 5 (lima) orang tenaga ahli di bidang penulisan karya ilmiah dan publikasi jurnal ilmiah Universitas Jember yakni: (1) Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd.; (2) Dr. Sudarti, M.Kes.; (3) Drs. Trapsilo Prihandono, M.Si.; (4) Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.; (5) Dr. Rif’ati Dina Handayani, M.Si.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki manfaat : (1) sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dalam pemahaman jenis-jenis artikel ilmiah; (2) sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan karya ilmiah; (3) sebagai sarana untuk meningkatkan kegiatan publikasi baik dalam bentuk jurnal, artikel majalah/Koran dan prosiding; (4) memberikan pengalaman nyata terkait dengan proses pembuatan karya ilmiah dan proses publikasi artikel ilmiah.

Dalam pelaksanaa pelatihan para peserta dibekali dengan materi dalam penulisan karya ilmiah seperti: (1) pengenalan artikel ilmiah (jurnal prosisding, artikel pada media massa); (2) jenis- jenis artikel ilmiah; (3) teknik penyusunan artikel ilmiah; (4) proses submit artikel ilmiah dalam jurnal; (5) penyusunan draft artikel ilmiah.

Selain itu, peserta juga mendapatkan pendampingan dalam proses penulisan karya ilmiah selama kurun waktu 2 bulan mulai dari pengertian artikel ilmiah, jenis-jenis artikel ilmiah, teknik penyusunan artikel ilmiah, proses submit artikel dalam jurnal, penyusunan draft artikel ilmiah.
Upaya peningkatan kompetensi guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan seperti ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dengan memiliki guru-guru yang produktif dalam menghasilkan karya ilmiah, diharapkan Kabupaten Jember dapat menjadi salah satu sentra pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi di bidang pendidikan Fisika.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat memotivasi guru-guru Fisika untuk terus belajar dan mengembangkan diri, sehingga mereka dapat menjadi teladan bagi para siswanya dalam mencintai ilmu pengetahuan dan penelitian. Diharapkan pada akhirnya, kualitas pembelajaran Fisika di Kabupaten Jember dapat terus meningkat dan melahirkan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing.

Pelatihan penulisan publikasi karya ilmiah bagi guru-guru MGMP Fisika di Kabupaten Jember merupakan langkah yang tepat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan.

Dengan komitmen dan kerja keras dari semua pihak, diharapkan program ini dapat mencapai tujuannya dan memberikan manfaat yang nyata bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Jember.