Sabtu, 25 Mei 2024 Pembukaan Pergelaran Keris Kediri Parartha Jayati

 

Kediri-menaramadinah.com-Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo Kediri kembali menggelar pagelaran keris dalam rangka rangkaian Hari Jadi ke-1220 Kabupaten Kediri. Pagelaran ini mengambil tema “Kediri Parartha Jayati “ yang memiliki arti Kediri Sejahtera dan Mulia.

Kegiatan akan digelar pada Sabtu-Minggu (25-26 Mei 2024) di Pendapa Panjalu Jayati Jl Brigjen Katamso Kota Kediri ( timur Alun Alun Kota Kediri) pukul 10.00 – 21.00 WIB. Pendapa Panjalu Jayati sendiri adalah pendapa peninggalan abad 18 dan merupakan cagar budaya yang terawat hingga saat ini.

Tema Kediri Parartha Jayati dalam gelaran ini akan menampilkan pusaka-pusaka peninggalan Kerajaan Kadhiri dan juga pusaka periode berikutnya yang dikoleksi oleh anggota Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo Kediri.

 

Selain pagelaran keris juga akan digelar diskusi tentang keris terutama tantangan dan harapan keris di masa mendatang. Tujuannya selain sebagai warisan budaya yang telah diakui oleh UNESCO seni kriya yang telah melegenda ini tetap lestari dan diminati, terutama pemahaman tentang makna filosofinya.

Karena apapun setiap dapur, rincikan dan pamor keris mengandung nilai pesan yang sangat bermakna.

Salam Pemajuan Kebudayaan – Kediri Berbudaya

#Senapatinusantara #panjijoyoboyokediri #kediriberbudaya #kediri #keris #unesco #kediripararthajayati