SMPN 2 Rogojampi Gelar Webinar literasi digital untuk segmen pendidikan.

Banyuwangi-menaramadinah.com, Nonton bareng (Nobar) dalam rangka Banyuwangi makin cakep digital diikuti oleh Siswa dan didampingi guru SMPN 2 Rogojampi melaksanaksn kegiatan nonton bareng ( nobar ) literasi cakap digital .

Nonton bareng (Nobar) dalam rangka Banyuwangi makin cakep digital digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Timur, menggelar webinar literasi digital untuk segmen pendidikan di Kabupaten Banyuwangi, Jumat (17/05/224) pagi pukul 08.00 WIB. Mengusung tema ‘Belajar Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital’, diskusi virtual yang diikuti secara Nobar oleh siswa dan tenaga pendidik menghadirkan tiga nara sumber. Mereka adalah Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung, Mei Santi, Praktisi IT, Ardiansyah, key opinion leader influencer, Azmy Zen dan Anissa Rilia selaku moderator.

Nobar Indonesia Cakap Digital difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI bertujuan memberi edukasi mengenai literasi digital dengan cara yang mudah diterima siswa. Sesi Nobar dimulai dengan pemutaran video animasi berjudul “4 Jurus Literasi Digital”. 4 jurus yang dimaksud adalah Interaksi, Partisipasi, Kolaborasi dan Kontrol diri agar para peserta didik #MakinCakapDigital

Sambutan pembukaan kegiatan nobar ini oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi yang secara daring menyampaikan manfaat ekonomi dalam kegiatan literasi digital, seperti peningkatan kompetensi tenaga kerja dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan berbasis ekonomi digital. Menkominfo juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan literasi digital, untuk mewujudkan Indonesia terkoneksi dan semakin maju.

Digitalisasi budaya dapat menjadi peluang untuk mewujudkan kreatifitas yang kita miliki. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membuat vlog atau blog mengenai budaya Indonesia, dengan berbagi cerita, pengalaman maupun pengetahuan tentang tradisi serta keragaman budaya di Indonesia.

Sementara Marhenyantoro, SPd, SH, MM selaku Kepala SMPN 2 Rogojampi mengingatkan para pelajar untuk menjadi pengguna media sosial yang bijak. Gunakan platform media sosial untuk hal baik dan bermanfaat. Kegiatan nobar ini menurut Marhenyantoro dalam rangka memperingati kegiatan Banyuwangi makin cakep digital yang langsung dari Kominfo pusat Jakarta,

Dengan tujuan pada era digitalisasi sekatang litrasi digital itu karena sangat diperlukan oleh anak -anak kita ”Dunia digital adalah dunia kita sekarang ini, maka dari itu mari kita mengisi nya dan menjadikan nya sebagai ruang yang berbudaya, tempat kita belajar dan berinteraksi dan tempat kita bertumbuh kembang, sekaligus tempat di mana kita sebagai bangsa hadir dan bermartabat,” pungkas Marhen. (Rishje)