Tiga Petenis Indonesia Berhasil Segel Menuju Babak Final

 

Jember – Semi final ideal tersaji pada nomor tunggal puteri Detec International Junior Championship 2024. Empat unggulan teratas berhasil melaju ke babak empat besar seri pertama turnamen berkategori ITF J30 di Jember, Jawa Timur, Jumat, (17/05/2024).

Indonesia berhasil menempatkan tiga petenis sehingga telah menyegel satu wakil di babak final. Seeded kedua, Cylova Zuleyka Hukmasabiyya bakal terlibat duel senegara, meladeni unggulan keempat, Shinar Zahra Shukayna Her Sunggoro pada babak empat besar

Pada laga perempat final di lapangan tenis outdoor GOR PKSPO Kaliwates, Kamis (16/5), Cylova mengalahkan si kidal non-seeded, Lailatul Fajria 6-4, 6-4. Sedangkan Shinar unggul atas Rio Higashi dari Thailand, 6-4, 6-1.

“Kami sebaya, sama-sama kelahiran 2007. Jadi sudah sering berhadapan sejak bertanding di kelompok umur 10 tahun kejuaraan nasional,” ucap Cylova, petenis berhijab.

“Sebelumnya saya lebih sering kalah dan baru bisa menang pada dua pertemuan di KU 16, Kejurnas di Yogya dan ITF Widjojo di Surabaya tahun lalu. Besok main seperti biasa dan yakin akan menang lagi,” imbuh siswi kelas XI SMA Negeri 2 Serang, Banten ini.

Partai semi final lainya, mempertemukan Anjali Kirana Junarto sebagai unggulan ketiga menantang seeded teratas, Tzeng Mu-Jie dari Taiwan.

Di nomor ganda, duet Anjali dan Shihar juga sukses melangkah ke laga puncak. Unggulan pertama itu bakal meladeni seeded kedua, pasangan gado-gado Taiwan dan Tiongkok, Tzeng Mu-Jie dan Yucheng Tian.

Seolah tak mau kalah dari rekan putrinya, tuan rumah juga berhasil meloloskan tiga wakil ke semi final tunggal putera. Unggulan teratas, Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan akan meladeni kompatriotnya yang menempati posisi seeded ke-13, Ethan David Zapp dan sekaligus memastikan satu slot final telah menjadi milik Indonesia. Sedangkan unggulan kedua, Rafalentino Ali Da Costa akan berjibaku melawan petenis yang lolos dari babak kualifikasi, Tomoki Fujiwara dari Jepang. (is)