SMP Negeri 2 Rogojampi Bentuk Inovasi SOBAT (Sekolah Orang tua Hebat)

Banyuwangi-menaramadinah.com, Program SOBAT yang akan dirilis oleh ibu Bupati Banyuwangi tgl 20 Mei 2024 , untuk itu SMPN 2 Rogojampi pada hari Selasa, 14 Mei 2024 pukul 08.00 Wib, menggelar kegiatan membangun generasi unggul bertajuk Sobat ( Sekolah Orang Tua Hebat ) serta bertema Sosialisasi Menjadi Orang Tua Hebat untuk Anak-Anak Hebat.
SMP Negeri 2 Rogojampi kembali mengukuhkan komitmen- nya dalam mendidik generasi unggul, melalui program SOBAT

Komitmen dalam mendidik generasi unggul, tidak hanya dari sisi akademik saja namun juga melalui pembinaan karakter serta peran orang tua dalam mendukung proses pendidikan anak.

Nantinya setiap minggu dan selama 16 kali pertemuan, sekolah tersebut menyelenggarakan acara dengan mengundang hadirkan para orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung perkembangan pendidikan anak-anak mereka. Agar menjadi orang tua hebat sekaligus bertujuan memberikan pemahaman, dukungan, dan bimbingan kepada orang tua dalam memainkan peran yang lebih efektif demi pendidikan putra – putri mereka.

SOBAT, singkatan dari Saling Belajar Orang Tua, adalah langkah konkret dalam menyikapi evolusi pendidikan di era digital ini. Program ini tidak hanya sekadar memfasilitasi pertukaran pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam mendidik anak, tetapi juga membangun komunitas yang saling mendukung dan menguatkan.

SOBAT (Sekolah Orang tua Hebat) adalah salah satu bentuk inovasi dari dinas pendidikan yang merupakan salah satu bentuk kemitraan antara satuan pendidikan dg orang tua dalam pengetahuan dan keterampilan orang tua agar dlm pendidikan, pendampingan serta pengasuhan yg diperoleh anak selaras dg yang diperoleh Siswa di sekolah.
Sasaran dari program SOBAT ini mulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP

Dilaksanakan secara tatap muka selama 16 pertemuan, SOBAT mengadopsi pendekatan pembelajaran orang dewasa (andragogy), serta fleksibel dalam pelaksanaannya, baik secara offline, online, maupun kombinasi keduanya.

“SOBAT bukan hanya program, tetapi juga wadah bagi orang tua untuk terlibat aktif dalam pendidikan anak-anak mereka,” ujar Kepala Sekolah SMPN 2 Rogojampi ,Marhenyantoro, SPd,SH,MM,Selasa(14/5/2024).

“Kami mengundang tidak hanya ayah dan ibu siswa, tetapi juga wali murid dan siapa pun yang peduli dengan pendidikan dan pengasuhan anak,” lanjutnya.

Sementara Hj. Wiwik Sri Sunarsih sebagai pemateri yang juga penanggung jawab BK, menjelaskan bahwa dalam acara itu beragam topik penting akan dibahas tuntas. Mulai dari komunikasi efektif dengan anak, pemahaman tentang perkembangan anak sesuai usia hingga strategi mendukung keberhasilan akademik dan non akademik para anak didik.

Selajutnya Wiwik bahwa melalui diskusi, workshop, dan sesi tanya jawab interaktif, para orang tua diberikan wawasan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi agent of change atau agen perubahan yang positif dalam kehidupan pendidikan anak-anak mereka.

Harapannya , bahwa kegiatan tersebut juga menjadi ajang forum bagi para orang tua untuk saling bertukar pengalaman, ide, gagasan dan dukungan.

Kemudian, dengan membangun komunitas yang solid antara pihak sekolah dengan keluarga, pihaknya berharap dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan inklusif. Yakni, setiap anak didorong untuk mencapai potensi yang maksimal.

Lebih jauh Wiwik koordinator BK SMPN Negeri 2 Rogojampi, mengatakan bahwa melalui acara bertema Sobat Sekolah Orang Tua Hebat itu tidak sekedar membentuk anak-anak didik yang cerdas secara akademik, tetapi juga menciptakan hubungan yang kuat antara sekolah, orang tua serta masyarakat dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan generasi masa depan yang tangguh dan berintegritas.

“Sebuah kerja sama membagun dan mengembangkan generasi masa depan yang tangguh dan berintegritas,” pungkasnya. (Rishje)