BERCERMIN DARI LEGENGA DESA, MEMBENTUK MORAL PENDIDIKAN KITA

Blitar, 29 Agustus, 2019, Menara Madinah.com. Banyak pelajaran yang bisa diambil hanya dari sebuah Legenda Desa. Betapa hebatnya Para Sepuh kita dulu: Sepuh Tuwuh(Pinisepuh, orang yang paling tua umurnya), Sepuh Tayuh(orang pintar lan waskito yang disebut Sesepuh). Sepuh Tangguh(Sesepuh yg selain waskito juga sakti). Telah merangkai kata Tutur Tinular, yang menjadi Cermin moral Lokal Genius disetiap Desa.


” Memang Legenda Desa, bukanlah Sejarah Desa. Tapi erat kaitannya dengan sejarah keberadaan suatu desa. Yang menjadi sumber adat kebiasaan desa tersebut.’ Ujar Ki Wahyudi, Budayawan Jawa yang berdomisivdi Ponggok, yang Pensiunan Dunas Pendidikan kab, Blitar tsb, menjelaskan ke media Menara Madinah,com.


” Sejarah, hrs disertai Fakta, bukti outentik, prasasti dan benda Cagar Budaya nya. Tapi klo Legenda tidak. Hanya tutur yang terus dituturkan dari mulut ke mulut, yang dipercaya dari yang mBabat Alas/pendiri suatu Desa.” lanjut Ki Wahyudi, Juri 1 Di Lomba Bercerita SD/MI se kec Ponggok, Blitar. Di dampingi Ki Jontor Siswanto(Juri 2).
[30/8 08:16] Istri KI jontor: Lepas dari Benar Tidaknya Tutur Tinular Desa Desa Se Kec Ponggok.

Terbukti bahws UPTD SD/MI se Jec Ponggok, telah melangkah lebih maju, dan jadi Pioner Se Kab Blitar, untuk mengawali Local Genius Legenda Desa Menjadi alternatif Pendidikan Karakter Anak didik SD /MI untuk bangga kepada leluhurnya, Cinta dengan Desa Kelahirannya,vyang penuh Cerita hebat Leluhurnya, Dengan latar Alam yang Indah, Subur dan ….di Ponggok masih ada hutan lebat, gunung Pegat dan Candi Candi.

Desa Ponggok, Bacem, Karang Bendo, Jatilengger, Gembongan, Sidorejo, Bendo Rejo, Kawedusan, Sesek, Kali Cilik, Kebonduren, Ringin anyar, ….adalah Cermin kearifan lokal yang dari sebagian Desa Desa Di Kabupaten Blitar, yang kelak menjadi alternatif Desa Legendaris Indonesia, menuju Indonesia maju dengan Bercermin dari Legenda Desa. Menemukan Sejarah Jati Diri Bangsa. Semoga.
Ki Jontor Siswanto. Jurnalis Citizen, menara madinah,com.