Keluarga Besar Pondok Sidogiri Berduka

Pasuruan – menaramadina.com : Kecelakaan dahyat terjadi di Desa Patuguran Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan pada Selasa (7/5/2024) pagi. Akibatnya 4 orang meninggal, salah satunya keluarga besar dari Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.
Informasi yang diperoleh dari saksi mata di tempat kejadian perkara (TKP), Saiful Rizal, menceritakan mobil Kijang LGX dengan nomor polisi N1475 WU berpenumpang 7 orang hendak melintas dari arah Selatan menuju ke arah Utara di perlintasan yang tidak dilengkapi dengan palang pintu. Pada saat yang sama, sebuah kereta api Pendalungan melintas dari arah Barat.

Menurut keterangan Syamsul mobil tersebut sempat terseret oleh kereta api beberapa kilometer dari lokasi kejadian awal, dan kereta api kemudian berhenti.
Telah terjadi laka Kerata Api di dusun Panjen. “Mobilnya terseret beberapa kilometer mas, tadi hendak melintas,” ujarnya.

Pria yang sempat memberikan pertolongan pertama kepada para korban ini mengaku dari keterangan yang didapatkan, 3 orang meninggal dunia dan 1 meninggal di rumah sakit dan 3 orang selamat. Rombongan minibus ini hendak bersilaturahmi ke salah satu pondok pesantren di desa seberang yang tak jauh dari lokasi.

“Jadi ini nyebrang rel. Katanya mau ke rumah Bu Nyai di Pondok,” tambahnya.
Hingga berita ini ditulis, pihak berwenang masih melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti dan memastikan keamanan di perlintasan kereta api di wilayah tersebut. Sementara para korban sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Salah satu korban adalah keluarga besar Pondok Pesantren Sidogiri.
Empat korban meninggal itu yakni Hj Munjiyah binti KH Noerhasan bin Nawawie dari Ponpes Sidogiri, Ning Maslahah binti Tohir (Sidogiri), Ning Aidah binti Mahfud (Gayam) dan Ning Alwiyah binti Ali (Kepuh, Kejayan). Wakapolres Pasuruan Kota Kompol Kompol Andria Diana Putra, mengatakan korban meninggal 3 orang di TKP, 1 orang lagi meninggal di rumah sakit. “Kita sedang melakukan investigasi. Palang pintu tidak ada penjaganya,”ungkapnya. (aza)