Menelusuri Situs Makam Pangeran Pesayangan Cirebon

Cirebon – menaramadinah.com
Masyarakat Cirebon, terutama di wilayah Kelurahan Panjunan, mungkin tidak asing mendengar Pesayangan. Saat mendengar nama tersebut kita pasti tertuju kepada kampung Pesayangan yang terletak di Jalan Karanggetas, namun masih sedikit yang mengetahui bahwa ternyata ada juga kampung dengan nama yang sama tepatnya di blok Pesayangan Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.

Disini terdapat komplek situs Makam Pangeran Pesayangan, lantas siapakah Pangeran Pesayangan dan apa hubungan dengan Kampung Pesayangan yang berada di Jalan Karanggetas.

Dalam keterangan yang didapat bahwa Pangeran Pesayangan adalah seorang Ulama besar dalam mensyiarkan agama islam, konon beliau hidup sejaman dengan Pangeran Panjunan yang berasal dari Baghdad, namun sayang nya tidak ada yang mengetahui mengapa makam nya berada di Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu.

Berdasarkan keterangan sesepuh yang tinggal disekitar situs, bahwa dulu hampir setiap tahun nya ada acara ‘ Ngunjung ‘ yang berasal dari Pesayangan Kelurahan Panjunan bahkan ada yang rutin berjiarah hampir setiap malam jumat, namun sekarang sudah lama tidak terlihat lagi.

Dalam keterangan lain, bahwa di kampung Pesayangan yang berada di Jalan Karanggetas tersebut ada sebuah masjid yang konon merupakan peninggalan dari Pangeran Pesayangan. Namun sayang, masjid tersebut sudah dilakukan renovasi total pada tahun 1970an dan berubah bentuk dari sebelumnya, masjid tersebut konon mempunyai kemiripan dengan Masjid Merah Panjunan.

Bahkan di depan area masjid terdapat beberapa makam saat dilakukan renovasi di tahun 1970an dan makam makam tersebut dipindahkan di area komplek makam Pangeran Pekarungan Kelurahan Panjunan, pada saat ada pelebaran Jalan Karanggetas.

Dari kisah sementara diatas hubungan antara kampung Pesayangan Kelurahan Panjunan dengan Blok Pesayangan Desa Banjarwangunan memang ada keterkaitan dari jejak perjalanan Pangeran Pesayangan. Bahkan ada juga hubungan dengan wilayah di kabupaten Tegal Jawa Tengah yakni adanya kampung yang juga memiliki nama Pesayangan. (hsn)