Tebar Kebaikan: SDN Wonokromo I Surabaya Bagi Takjil dan Buka Puasa Bersama

Surabaya – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Wonokromo I Surabaya menggelar bagi takjil gratis. Kegiatan ini dalam rangka menebar kebaikan di bulan suci Ramadhan.

Ratusan paket takjil dibagikan kepada setiap pengendara yang melintas di sepanjang Jalan Wonokromo Tangkis dan Pulo Wonokromo, Kecamatan Wonokromo, Rabu petang 27 Maret 2024.

Menurut Kepala Sekolah SDN Wonokromo I Surabaya, Arbanga Setianing Agami, S.Pd., M.Pd mengungkapkan, kegiatan sosial di bulan Ramadhan ini dilakukan pada 16 Ramadhan.
” Tujuan utama dari Ramadhan Takjil adalah menumbuhkan dan mengajarkan peserta didik tentang pentingnya berbagi sedekah lewat Ramadhan Takjil serta dampak positifnya bagi Masyarakat sekitar. Juga untuk meringankan beban sesama yang sedang berpuasa dan menjalin rasa kebersamaan dalam berbagi rezeki.ungkapnya.

Aksi berbagi ini juga, sambungnya, terselenggara berkat bantuan dan kerjasama antara kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, mahasiswa magang dan siswa.

“Syukur Alhamdulilah kegiatan tebar kebaikan kali ini berjalan lancar dan sukses berkat dukungan dan Kerjasama semua elemen yang ada di sekolah. dukungan dan partisipasi warga sekolah yang antusias terlaksananya kegiatan tersebut ungkapnya lagi.

Sementara itu, Guru Agama Nanang mengapresiasi kegiatan bagi takjil dan buka bersama tersebut.

Menurut Nanang, kegiatan ini menjadi salah satu cara kita memaknai hakikat bulan puasa, bulan maghfirah dengan memperbanyak amal kebaikan dan berbagi rezeki antar sesama umat.

Keceriaan begitu terpancar saat adzan magrib berkumandang, anak-anak begitu gembira menikmati makanan dan minuman yang dibawa dari rumahnya masing-masing.

Usai berbuka, dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah dan dilanjut dengan makan bersama.

Tidak hanya itu, Nanang mengatakan kegiatan ini selesai sampai kegiatan sholat Isya dan Tarawih berjamaah pada tempat yang telah disediakan.

Aksi sosial ini merupakan implementasi kegiatan Pesantren Ramadan 1445 Hijriah yang dilaksanakan di sekolah.

Dan kegiatan tersebut juga menanamkan karakter peduli dan mau berbagi dalam diri siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Pewarta: Rifky Alif