Kuping Mas FKM Unej Ibadah Ramadan Bersama ODGJ di Liposos Jember

JEMBER – menaramadinah.com-Bulan suci Ramadan tentu menjadi momentum suci yang ditunggu oleh seluruh umat Islam. Tak terkecuali bagi Kuping Mas, nama komunitas mahasiswa kelompok studi promosi kesehatan dan ilmu perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM Unej).

Setiap tahunnya Kuping Mas memiliki agenda pengabdian masyarakat di Liposos Jember bersama dengan rekan yang mengalami ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa).

“Saya sangat senang bisa berbagi cerita tawa bahagia bersama rekan ODGJ yang hendak berbuka puasa,”kata Agus, salah seorang peserta.

“Kami menginisiasi kegiatan pengabdian masyarakat ini tentunya saling mendukung dan dapat menciptakan toleransi. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari berturut-turut dan ditutup acara buka bersama atau bagi-bagi takjil bersama dengan ODGJ,” jelasnya.

Kegiatan Ramadan di Liposos Jember dimulai pada hari Senin, 18 Maret 2024. Dengan rangkaian kegiatan: pembukaan bersama Kepala Liposos, mengaji bersama, melantunkan salawat Nabi Muhammad SAW, dan edukasi singkat tentang kesehatan mental.

Kegiatan mengaji bersama dilakukan dengan mendampingi ODGJ untuk mengaji bacaan Alquran bermetode Iqro’. Tampaknya, mereka sangat antusias dan semangat dalam mengaji.

Selain itu, melantunkan bersama salawat Nabi Muhammad SAW, yang dipimpin oleh anggota Kuping Mas. Alhamdulillah, kegiatan terlaksana dengan baik. Para ODGJ sangat bersemangat dalam mengikuti salawat yang dilantunkan.

Edukasi sederhana tentang kesehatan mental difokuskan pada bagaimana agar pikiran tetap positif dengan menyarankan olahraga setiap pagi dan senantiasa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan berdzikir.

Kegiatan berlanjut pada hari berikutnya, yakni pada hari Selasa, 19 Maret 2024. Rangkaian kegiatan pada hari Selasa ini sama dengan hari Senin yang dimulai dengan mengaji Iqra’ bersama yang didampingi oleh anggota Kuping Mas.

Kegiatan dilanjutkan dengan melantunkan slawat Nabi Muhammad SAW, dan menyelipkan materi tentang kesehatan mental serta ditutup dengan kunjungan sel-sel pada ODGJ yang non-mandiri.

Kegiatan hari ke – 3 dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Maret 2024 yang dimulai dengan membuat kaligrafi Asmaul Husna dari biji jagung dan kacang hijau.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan memori ODGJ. Selain itu terdapat kegiatan menghafalkan doa dan niat berpuasa dan doa berbuka puasa.

“Kegiatan yang sangat luar biasa, dan karya yang dihasilkan juga sangat bagus. Nanti rencananya akan dipajang di ruang-ruangan,”ujar Kepala Liposos Jember, Roni Efendi.

Kegiatan terakhir sekaligus penutup dilaksanakan pada hari Senin, 25 Maret 2024. Kegiatan ini ditutup dengan bagi bagi takjil bersama ODGJ. Semua ODGJ terlihat sangat antusias dan bersemangat. Kegiatan ini juga diikuti oleh staf kerja dari Liposos Jember untuk membantu dalam mempersiapkan takjil yang akan dibagikan.

“Semoga kegiatannya menjadi berkah. Capeknya terbayarkan, berbagi kepada orang berpuasa insya Allah dapat pahalanya orang yang berpuasa, dan semoga kegiatan dengan teman-teman Kuping Mas tidak berhenti disini, terus berlanjut di kemudian hari, “ujar Pak Roni.

“Kegiatan positif ini semoga tidak berhenti pada tahun ini. Semoga pada tahun berikutnya diberikan kemudahan kelancaran dan diberikan kesehatan untuk kita semua. Aamiin,” tambahnya. *(Sania/Jihan)*