Kegiatan Belajar Mengajar di R A Darunnajah Sidoarjo

Surabaya, Menaramadinah.Com
Bekal yang mampu mengubah segala aspek pola pikir terhadap pendidikan

Dengan misi “pendidikan” bersama teman-teman satu kelompok MBKM, saya mendapatkan bekal yang mampu mengubah segala aspek pola pikir saya terhadap pendidikan.

Kegiatan MBKM ini tidak terbatas untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik, melainkan saya juga turut diberikan ilmu juga oleh peserta didik, Karena secara tidak langsung, semangat dan antusias peserta didik menjadi suplemen semangat untuk kami yang akan menjadi tenaga pendidik.

Dengan berbekal semangat berbagi untuk peserta didik KB/RA yang belum “merasakan manisnya pendidikan”. Program MBKM seperti hadir karena ingin mendengar bahasa cita dari mereka.

Bertemu dengan peserta didik di KB/RA Darunnajah juga begitu menyenangkan, karena lagi-lagi saya mendapatkan suplemen semangat dan kebahagiaan. Begitu banyak karakter anak yang saya temui didalam diri mereka.

Kegiatan di KB/RA Darunnajah ini juga menjadi bekal kami sebagai mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk bahan ajar dikemudian waktu. Kegiatan di KB/RA Darunnajah juga begitu menyenangkan dan menarik setiap anak dalam belajar. Kegiatan Islami yang mengajarkan anak untuk menghafal doa sehari-hari juga membaca At-Tartil dapat membantu meningkatkan hafalan anak.

Kegiatan di KB/RA Darunnajah juga tidak jauh berbeda dari biasanya. Saat di pagi hari guru selalu melakukan kegiatan penyambutan peserta didik di gerbang sekolah. Dan saat pukul 07.15 anak sudah siap belajar di dalam kelas masing, setiap sebelum memulai pembelajaran juga guru selalu mengajak anak untuk membaca surat-surat pendek dari surat An-Nas sampai surat At-Tin dan membiasakan hafalan tentang hadits. Di salah satu hari anak juga di wajibkan untuk membaca At-Tartil.

Setelah melakukan pembacaan doa, surat-surat pendek dan hadist. Guru mengajak anak untuk melakukan ice breaking dan melakukan kegiatan pembelajaran dan di selingi oleh permainan.

Cerita ini cukup untuk mewakili segala sesuatu yang saya rasakan “bersyukur dan bahagia” karena menjadi bagian dari KB/RA Darunnajah melalui program MBKM.
Catatan Nur Hadiniyah Mahasiswi PIAUD FTK UINSA