Keunikan Gedung TPQ Darul Falah, Dusun Sumbergayam, Desa Kepung Kecamatan Kepung Kab Kediri

Kediri-menaramadinah.com Rabu Pahing, 31 Januari 2024. Alhamdulillah, progres Pembangunan Gedung TPQ Darul Falah, Dsn. Sumbergayam Ds Kepung Kec Kepung, sudah bisa menampakkan wujudnya yang mungil dan unik.

Masyarakat antusias untuk ikut gotong royong dalam proses menaikkan kap gedung, mereka membantu mulai dari, doa selamatan, pikiran, tenaga, dana dan juga makanan dan minuman.
Tradisi dan adat-istiadat yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita orang Nusantara ini, semoga bisa diteruskan ke-generasi muda kita. Salah satunya adalah: Selamatan, malam harinya ada doa dan ngaji, umumnya disebut ‘melek-an’, masyarakat sekitar datang ke lokasi dengan membawa berbagai makanan ringan dan minuman. Menurut penuturan Muhammad Trubus, salah seorang dari ‘tukang’ atau tenaga kerja yang turut membangun gedung slametan ini namanya SLAMETAN PETRUK. Dia menjelaskan: ‘Masyarakat datang membawa makanan dan dikumpulkan jadi satu turus disantap bersama’ tuturnya. Pada pagi harinya masyarakat datang kembali dengan membawa peralatan untuk bersama-sama bergotong royong menaikkan kayu dan esbes kap gedung, ibu-ibu juga datang dengan membawa makanan berupa nasi Ambengan lengkap dengan lauknya ayam Ingkung dan minuman dan buah-buahan antara lain pisang yang masih tandan nan, atau tundunan, artinya belum dilepaskan dari tangkainya.

Memang gedung TPQ Darul Falah Sumbergayam ini belum selesai belum sempurna, masih banyak lagi yang harus diselesaikan, sedikit-demi sedikit kami terus berusaha menyelesaikan nya.
Saat ini yang lagi dipersiapkan adalah kamar mandi dan tempat wudhu, Alhamdulillah, untuk sumur bor dan mesin pompa air nya sudah siap, mendapatkan sumbangan dari seorang pengusaha toko keramik dari Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, atas inisiatif Kang Shodin.

Beberapa hari yang lalu Mas Deni Indiarto, dari Trowulan Mojokerto berkunjung ke TPQ Darul Falah, sambil menyerahkan papan nama TPQ dan lambang NU, yang diukir di atas batu andesit.

Kami dari panitia pembangunan gedung TPQ Darul Falah, mengucapkan banyak terima kasih atas semua dukungan, kerjasama, bantuan berupa apapun: sumbang-saran, pemikiran, tenaga, dana, dan lainnya dari masyarakat sekitar khususnya dan para donatur dari manapun saja, teriring doa semoga menjadi amal Sholeh dan mendapatkan balasan dari Allah SWT yang lebih besar. Amin.

Panitia juga masih terus menerima sumbangan apapun dan donasi dari siapapun. Apabila ada yang berkenan membantu atau donasi, bisa menghubungi kami, Lewat nomor 0856 4826 4198. Atas nama Nur Habib.

Nur Habib.