Pemilu OSIS SMPN 3 Sindang Indramayu Berlangsung Seru dan Demokratis

Indramayu. 20/01/2024-Puncak pelaksanaan Pemilu OSIS SMPN 3 Sindang Indramayu Masa Bhakti 2024/2025 dilaksanakan pada hari Sabtu 20/01/2024 di lapangan sekolah untuk memilih tiga pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Sebelumnya pasangan calon telah mengikuti beberapa tahapan mulai dari verifikasi calon yang mensyaratkan calon adalah aktivis OSIS ataupun aktivis Ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Selanjutnya mereka telah mengikuti coaching oleh mentornya dari pengurus OSIS sebelumnya untuk merumuskan visi, misi dan program-program kerjanya.

Tahap selanjutnya pasangan calon diberi kesempatan untuk melaksanakan sosialisasi dengan mengikuti kampanye pamflet dan alat peraga lainnya. Lalu dilanjutkan dengan kampanye penyampaian visi, misi dan program kerja dan diakhiri dengan debat terbuka.

Pasangan calon nomor 01 Suryama dan Hanifah Liantono, pasangan nomor 02 Cahyadi Putra Pratama dan Vanesa Rena, dan pasangan nomor 03 Fitri Aprilia MS dan Andara May Bilqis.

Pasangan calon 01 mengusung visi Dinamis, Responsif, Proaktif dan Aspirasi. Sedangkan pasangan nomor 02 mengusung visi SMART ( Santun, Mandiri, Aktif, Religius, dan Tangguh ). Sedangkan passngsn nomor 03 mengusung visi Disiplin, Aktif, Kreatif dan Berbudi Pekerti.

Dalam pemilihan yang dipandu oleh pembina OSIS dan dibantu para panitia dari pengurus OSIS yang sudah demisioner yang berlangsung meriah dan sangat demokritis karena pemilihan diseting menyerupai seperti pemilu yang sebenarnya,

Pembina OSIS SMPN 3 Sindang Indramayu, Hj. Dini Sucita Asih, SP.d. mengatakan bahwa kami ingin memberikan pembelajaran demoktasi sehingga kegiatan pemilu OSIS didesain seperti pesta pemilu yang sebenarnya. Dengan demikian siswa terbiasa bersikap demokratis dan menjunjung tinggi perbedaan dan pilihan sesuai pilihannya. Selanjutnya nanti akan dilanjutkan dengan pembentukan kabinet OSIS, serah terima jabatan dan pelantikan pengurus OSIS serta terakhir diberikan pembekalan melalui kegiatan Diklat Manajemen OSIS sebelum mereka menjabat dan melaksanakan program kerja selama masa bhaktinya.

Sementara itu salah satu pasangan calon dari calon nomor 03 yang diwakili Fitri Aprilia MS dan dipimpin oleh calon wakilnya Andara May Bilqis mengatakan bahwa” Saya merasa bangga karena tidak mengira akan terpilih sebagai kandidat, sehingga tentu saja pada awalnya ada rasa nervous namun setelah dimentori oleh kakak mentor dari para pengurus OSIS senior jadi merasa optimis untuk menang dan terpilih karena usaha kami sudah maksimal, ” Demikian kata Fitri.
Kontributor : Sujaya