Dosen Vokasi Unesa Implementasikan Teknologi Panel Surya: Wujudkan Desa Mandiri Energi di Desa Plumpung, Plaosan, Magetan

 

 

Magetan-menaramadinah.com-Salah satu tujuan global ke-7 dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (The 17 Sustainable Development Goals/SDGs) yang telah dicanangkan oleh PBB mulai tahun 2016-2030 adalah menciptakan energi yang ramah lingkungan, modern, dan terbarukan (clean, affordable, modern and renewable energy). Salah satu energi yang ramah lingkungan, modern, dan terbarukan  adalah energi matahari. Energi matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber penyuplai energi teknologi panel surya (solar cell).

Berdasarkan latar belakang itulah lima (5) dosen dari Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), yaitu Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T (Wakil Dekan Bidang I), Dr. Suprapto, S.Pd., M.T. (Dekan Fakultas Vokasi), Dr. Abdul Hafidz, S.Pd., M.Pd. (Wakil Dekan Bidang II), Reza Rahmadian, S.ST., M.EngSc (Koorprodi D4 Teknik Listrik), dan Mahendra Widyartono, S.T., M.T. (Dosen D4 Teknik Listrik) melakukan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang berjudul “Penerapan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Berteknologi  Panel Surya (Solar Cell) Untuk Mendukung Desa Mandiri Energi di Desa Plumpung”.

Kegiatan yang berlangsung mulai Juni-November 2023 tersebut mendapatkan respon yang positif dari Kepala Desa Plumpung Wahyudiarto. “Monggo jika nanti ada program-program PKM yang lain bisa diarahkan ke sini, Mas,” ujar Wahyudiarto. Bahkan, dirinya menyambut baik kegiatan PKM ini karena putra-putri daerah bisa ikut mendarma bhaktikan ilmu dan pengalamannya untuk pengembangan desa. “Apalagi, Mas Warju asli Desa Plumpung. Monggo dibantu dikembangkan desanya, Mas. Program apa saja, silahkan dibawa ke sini. Misalnya nanti ada kegiaatan pemberdayaan masyarakat, karang taruna, Bumdes, ibu-ibu penggerak PKK, dan lain sebagainya” tambah Kepala Desa yang berkumis itu.

Desa Plumpung merupakan salah satu desa dari 207 desa dan 28 kelurahan yang ada di Kabupaten Magetan. Secara administratif, Kabupaten Magetan terdiri dari 18 kecamatan, yaitu Kecamatan Poncol, Kecamatan Parang, Kecamatan Lembeyan, Kecamatan Takeran, Kecamatan Nguntoronadi, Kecamatan Kawedanan, Kecamatan Ngariboyo, Kecamatan Plaosan, Kecamatan Sidorejo, Kecamatan Panekan, Kecamatan Sukomoro, Kecamatan Bendo, Kecamatan Maospati, Kecamatan Karangrejo, Kecamatan Karas, Kecamatan Barat, Kecamatan Kartoharjo, dan Kecamatan Magetan. Rumah-rumah warga Desa Plumpung sendiri rata-rata memakai listrik dengan daya 450 Watt dan masih banyak jalan penghubung antar dusun yang belum memiliki penerangan umum sehingga terlihat gelap di malam hari. Oleh karena itu, tujuan PKM Desa Binaan Unesa ini adalah untuk mengimplementasikan teknologi panel surya di Desa Plumpung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Sedangkan target khusus yang ingin dicapai dalam PKM Desa Binaan Unesa ini adalah agar ke depan desa ini menjadi desa mandiri energi menuju desa SURGA (sejahtera, unggul, ramah, guyup, dan aman).

Sedekar diketahui bahwa PKM ini merupakan kolaborasi antara pimpinan, Koorprodi D4 Teknik Listrik, dosen homebase Teknik Listrik di Fakultas Vokasi Unesa dan Kepala Desa Plumpung. Ke depan, produk-produk unggulan akan banyak diterapkan ke masyarakat sebagai wujud pengabdian masyarakat Unesa dan pencapaian indikator kinerja utama (IKU) 5, yaitu jumlah keluaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berhasil mendapat rekognisi internasional atau diterapkan oleh masyarakat per jumlah dosen.

Dalam PKM Desa Binaan Unesa ini, teknologi panel surya yang diimplementasikan difokuskan untuk lampu penerangan jalan umum (PJU). Spesifikasinya adalah daya 60 Watt, material ABS, warna casing grey, waterproof IP 65, ketinggian optimal panel surya 5 – 6 meter, battery, include remote include, waktu battery charging 8 – 12 jam (optimal), durasi menyala sampai 9-12 jam, dan terdapat PIR motion sensor.

Foto: Lampu PJU Berteknologi Panel Surya (solar panel)

Husnu Mufid