Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan, Bisa ditiru Daerah Lainnya. Yang beraklakul Karimah

Pasuruan – Menaramadinah.com : Gaya kepemimpinan dari Bupati Pasuruan Gus Irsyad Yusuf dan KH Mujib Imron mendapat perhatian dari Prof Dr Ilfi Nurdiana MSI. Pembantu Rektor 2 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Menurut Ning Ilfi, nama panggilannya, apa yang ditunjukkan oleh duet Adjib (Irsyad -mujib). Telah mencerminkan kepemimpinan ala Rasulullah 1400 tahun yang lalu. Yang mencerminkan kepemimpinan yang beraklakul Karimah. Karena saling melengkapi dan tidak saling mencari kelemahan untuk melayani masyarakat.

“Jadi kepemimpinan yang saling menghormati mendepankan kesantunan. Mesti Bupatinya lebih muda dan Wakil Bupatinya lebih tua. Bupati tetap hormat terhadap Wakil Bupatinya,” ujarnya dalam sebuah catatan repleksinya.
Ditambahkan lagi, dengan kepemimpinan seperti itu. Jalannya pemerintah berlangsung dengan baik. Banyak prestasi yang telah dihasilkan dan penghargaan yang begitu banyaknya. “Dengan berbagi peran dan saling support sesuai dengan tupoksinya. Dan saling melengkapi ketidaksempurnaannya keduanya terus melangkah pasti untuk Pasuruan yang maslahah,” tegasnya.

Bahwa kepemimpinan Rasulullah ini tetap relevan. Bahkan astrofisikawan seorang Yahudi Amerika Michel hart memasukkan Nabi Muhammad termasuk 100 pemimpin berpengaruh di dunia. Dan kepemimpinan Rasulullah yang beraklakul Karimah sudah diikuti oleh 1 miliar di dunia.

Kepemimpinan beraklakul Karimah ini menjadi dasar dalam memimpin bangsa dan menjadi uswah atau contoh dalam berbangsa. Menjadi bangsa berkarakter yang memanusiakan manusia.”Patut ditiru oleh calon pemimpin. Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati di Pasuruan. Bisa menjadi catatan dan bisa ditiru oleh daerah lainnya,” tutur Ning Ilfi.(aza)