*Begini Meriahnya Perayaan Pawai Budaya Di Pidie*

 

Pidie-menaramadinah.com-Perayaan HUT kemerdekaan RI tidak terlepas dari berbagai macam kegiatan di lakukan. Hal ini untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah di raih oleh Bangsa Indonesia. Semangat kemerdekaan ini tidak hanya di isi dengan upacara, melainkan juga dengan berbagai kegiatan sosial, salah satunya adalah pawai budaya.

Kegiatan yang mengangkat tema “Pesona Pawai Budaya” mulai dari marching band, pertunjukan baju adat hingga seragam militer di mulai pukul 07.00, start di depan Bank Aceh dan berakhir di depan Pendopo Bupati Pidie, (19/08).

Peserta pawai budaya tampak mengenakan pakaian adat, mulai dari pakaian tradisional, pakaian kontemporer dan juga pakaian militer. Tidak hanya itu peserta juga menampilkan kesenian khas yang dipamerkan untuk memperkenalkan keanekaragaman yang ada di Pidie yang di balut dalam bingkai persatuan.

Penjabat Bupati Pidie Ir, Wahyudi Adisiswanto M.Si., mengatakan “kami apresiasi atas antusiasme dan partisipasi yang tinggi dari seluruh masyarakat Pidie untuk ikut dalam kegiatan ini”.

“Kami melihat senyuman kebahagiaan dari para peserta pawai budaya, kebahagiaan seperti ini yang diharapkan lahir di Pidie, sehingga terbentuk sebuah tatanan masyarakat damai”.

Wahyudi juga menuturkan bahwa Aceh khususnya Pidie dulunya adalah daerah merah saat konflik, jadi kita harapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan ini kebahagiaan dan kasih sayang di masyarakat Pidie terus terpancar.

“Pawai budaya ini bukan hanya seremonial belaka, tetapi juga diharapkan lahirnya sebuah keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah, hubungan anak dan ibu, ibu dan bapak serta bapak dan anak” ujarnya.

Pawai budaya ini juga di harapan lahirnya keluarga yang menenangkan, keluarga yang saling menghargai dengan kasih sayang, dan keluarga yang menyayangi dengan kelembutan.

“Semoga keharmonisan keluarga, kebahagiaan terus terpancar di wajah generasi muda Pidie, hanya itu yang kita inginkan” tutupnya.