Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Briefing Kasek dan Bendahara SMA, SMK dan PKLK

[19/8 20:27] Rifai: Dalam kesempatan berkumpul dalam sebuah forum Workshop dan Bimtek Aplikasi SPMI yang diselenggarakan Cabang Dinas Pendidikan Prov Jatim Wilayah Banyuwangi di Hotel Harvest Licin, Kasi Intel Kejari Banyuwangi, Bagus, membriefing para Kasek dan Bendahara SMA, SMK dan PKLK. Tentulah materi briefing tak jauh dari pengelolaan keuangan sekolah baik dari sumber pemerintah maupun masyarakat. Bagus, Kasi Intel yang masih sangat belia itu mengingatkan kepada para kasek dan bendahara agar profesional dalam mengelola keuangan.
[19/8 20:33] Rifai: Aparat penegak hukum (APH) senantiasa berupaya secara preventif untuk menyadarkan kepada para pihak yang diberi amanah negara mengelola unit pendidikan bekerja profesional, jauh dari praktik maladministrasi dan praktik korupsi. Memang seperti itu khasnya Pak Bagus dalam menyampaikan materi yang blak-blakan.
[19/8 20:38] Rifai: Dewasa ini pemerintah lagi kenceng menegakkan kebijakan clean government. Karenanya, ungkap kandidat doktor ‘jangan main-main’ dengan keuangan. Pemerintah sedang semangat memberantas berbagai bentuk penyimpangan, Pungli, korupsi dan berbagai bentuk lainnya yang berpotensi merusak dan melemahkan negara.
[19/8 20:45] Rifai: Sumber keuangan yang dikelola sekolah antara lain BOS, BOPP dan bantuan pemerintah yang lain serta pada bagian lain ada PSM. Prosedur dan dasar-dasar hukumnya dipatuhi dan dipenuhi dari tidak terjerumus ke kubangan korupsi.
[19/8 20:46] Rifai: Sumber keuangan yang dikelola sekolah antara lain BOS, BOPP dan bantuan pemerintah yang lain serta pada bagian lain ada PSM. Prosedur dan dasar-dasar hukumnya dipatuhi dan dipenuhi agar tidak terjerumus ke kubangan korupsi.
[19/8 20:55] Rifai: Bersyukur, ungkap pemuda kelahiran asli Banyuwangi ini, penyelenggaraan pendidikan di Banyuwangi berjalan bagus, tertib sekalipun di sana sini masih ada kekurangan dan kelemahan. Harapan sarjana hukum jebolan FH Universitas Jember ini, bentuk penyimpangan dan pelanggaran hukum di sekolah-sekolah dapat dieliminasi sampai nol persen. Negara akan cepat maju dan rakyat akan sejahtera jika semua pihak dapat menghindarkan diri dari hal-hal yang berpotensi merugikan negara.
Aturan main ditaati, prosedure diikuti, cermat dalam mengadministrasi, benar dan akurat dalam pertanggungjawabannya, maka menjadi pejabat akan tenang, nyaman, enak makan dan bisa tidur nyenyak.
Pada akhir materinya, Lare Osing ini serius mengawal para kasek jika diperlukan agar terhindar dari praktik-praktik yang menyebabkan maladimistrasi atau kekeliruan dalam pengelolaan keuangan sekolah.

Moch Rifai

Jurnalis Citizen MM.com